Kabar DaerahKabar Indonesia

Undip Rayakan HUT 30 Tahun PWK Dengan Aksi Sosial

SEMARANG, energibangsa.id – Rangkaian HUT ke-30 Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro ini berhasil mengumpulkan dan membersihkan sebanyak 2,1 Ton sampah organik dan 800 Kg sampah anorganik.

Ketua Panitia HUT 30 Tahun PWK FT Undip Mamo Arief Sudarmono mengatakan, kegiatan bersih pantai dan juga sungai dalam rangkaian HUT planologi ini akan dilaksanakan di 13 titik di seluruh Indonesia.

Di samping itu, Koordinator Bersih Pantai M. Nurhadi juga mengatakan, ribuan kilogram sampah tersebut berhasil dibersihkan dalam kegiatan bersih pantai dan sungai sepanjang 2,5 KM antara Desa Api Api dan Wonokerto Kulon yang masuk wilayah Kabupaten Pekalongan.

Menurutnya, tujuan dari kegiatan sosial ini untuk mengedukasi masyarakat terkait pentingnya mengelola sampah dengan bijak sehingga mengurangi pencemaran lingkungan baik di wilayah pesisir maupun pencemaran air laut.

Ketua Ikatan Alumni (IKA) PWK Undip Mohammad Saleh, ST, Men., menambahkan aksi sosial bersih pantai dan sungai ini merupakan rangkaian dari Hari Ulang Tahun Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik Undip yang ke-30.

“Tahun ini jurusan PWK Fakultas Teknik Undip genap berusia 30 tahun. Mengusung tag line ’30 tahun Planologi Bersinergi’, alumni bersinergi dengan segenap unsur masyarakat, TNI dan Polri untuk memberikan kontribusi positif bagi lingkungan, di antaranya membersihkan sampah di Pantai Wonokerto Kabupaten Pekalongan,” ujarnya pada Energi Bangsa.

Peserta dalam kegiatan ini sebanyak 135 orang terdiri dari siswa SMP dan SMA Adiwiyata, Alumni PWK Undip, Dinas Perkim LH Kab Pekalongan dan masyarakat pesisir Wonokerto. Acara ini juga didukung TNI dan Polri.

Related Articles

Back to top button