fbpx
Kabar Indonesia

UMKM Terdampak Covid Dapat Bantuan Modal, Cek Syaratnya di Sini

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Semua lini ekonomi harus beradaptasi menghadapi covid-19. Tak terkecuali usaha mikro, kecil dan menengah. Namun, peyangga dari pemerintah tetap perlu diperkuat, agar UMKM tak jatuh terkapar.

Foto: Presiden Joko Widodo

Misalnya, pada musim haji (idul adha) seharusnya menjadi masa tersibuk bagi para pedagang produk perlengkapan muslim. Tapi sebaliknya, usaha konveksi di Kediri, Jawa Timur, justru jauh dari keramaian.

Produk oleh-oleh haji, tidak laku, karena pembatalan keberangkatan haji serta umroh, tahun ini. Imbasnya, sejumlah pegawai akhirnya harus di PHK, karena omzet penjualan terjun bebas.

Dilansir dari kompastv, Selasa (4/8) pemerintah sebenarnya telah menganggarkan hampir Rp700 triliun, untuk menangani covid-19, termasuk pada kegiatan ekonomi. Namun, penyerapan anggaran masih rendah, hanya 20 persen.

Penyangga UMKM perlu diperkuat. Survei LIPI bahkan menyebut, sejumlah UMKM tak akan mampu bertahan melawan pandemi. Sehingga menyisakan ancaman PHK dan kredit macet.

Sebelumnya, 12 juta pengusaha kecil dan menengah di Tanah Air, akan mendapat bantuan modal, hingga akhir tahun. Penyaluran bantuan akan memanfaatkan koperasi.

Para pengusaha kecil diharapkan bisa terbantu, dan tetap menjalankan usahanya, terhindar dari kebangkrutan, selama pandemi corona. Pengusaha kecil juga akan dimudahkan syarat untuk mendapatkan bantuan modal, melalui koperasi. (yeabe/kompastv/4/8).

Related Articles

Back to top button