fbpx
Ekonomi & Bisnis

UMKM Solo Daftar Bantuan Sosial Produktif Tahap Tiga

SOLO,energibangsa.id—Pelaku Usaha Mikro,Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Solo secara daring telah mendaftar bantuan sosial produktif. Sebanyak 60.000 UMKM telah mendaftar di tahap ketiga ini.

Untuk bisa mendapat bantuan,UMKM harus mendaftar dan melengkapi untuk berkas untuk memenuhi persyarakatan. Pemkot Surakarta membuka pendaftaran daring hingga tanggal 23 November dan kelengkapan berkas hingga tangal 30 November 2020.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Solo Heri Purwoko mengatakan bahwa dari 60.000 UMKM yang mendaftar,baru sekitar 11.000 pelaku usaha yang sudah melengkapi berkas yang ada.

Sedangkan bagi pelaku usaha yang sudah melengkapi berkasnya,sudah diajukan ke pemerintah pusat untuk kemudian ditindak lanjuti sesuai persyaratan untuk bisa atau tidaknya menerima bantuan.

Pemerintah pusat memberi sinyal bahwa kuota bantuan masih sangat cukup. Maka dari itu 60.000 pelaku usaha yang memenuhi syarat akan diajukan. Sebelumnya pendaftran pada tahap pertama dan tahap kedua sebanyak 18.444 pelaku usaha sudah lolos seleksi administrasi.

Pendaftaran Tahap Ketiga Berbeda

Perbedaan ini terletak pada proses pendaftarannya karena pada tahap pertama dan kedua semua prosesnya dilakukan secara langsung. Sedangkan proses untuk tahap ketiga ini, pendaftaran dilakukan secara daring namun dalam melengkapi berkas dengan tetap datang ke Kantor Dinas Koperasi dan UMKM.

Masih dijumpai kurangnya pemahaman masyarakat mengenai persyaratan pelaku usaha yang bisa mendapatkan bantuan hingga tahap ketiga ini. Anggapan masyarakat selama ini sebagai pelaku usaha yang menjalankan usahanya di Solo bisa mendaftar ke Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surakarta.

Namun sebenarnya tidak bisa karena harus warga yang ber KTP Solo yang bisa mendaftar. Hal ini terbukti dengan masih adanya warga yang KTP nya tidak dari Solo sehingga tidak memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan sebelumnya. (Warda/EB)

Related Articles

Back to top button