fbpx
Gaya Hidup

Udah Kerja Keras, Tapi Kok Nggak Kaya-kaya? Begini Alasannya!

ENERGIBANGSA.ID–Kamu pasti lelah dan bertanya-tanya apa yang salah? Mengapa kerja keras selama ini belum membuahkan hasil yang memuaskan? Biaya kebutuhan semakin mahal, dan pendapatan masih tetap segitu-gitu aja?

Sebenarnya, akar masalahnya berawal dari kamu sendiri. Apa maksudnya? Simak di bawah ini.

1.Kebutuhan vs Keinginan

Banyak sekali orang yang terjebak dalam situasi ini. Membedakan antara kebutuhan dan keinginan menjadi suatu hal yang sulit untuk dipilih.

Sebagai contoh, awalnya kamu berencana membeli dompet di suatu pusat perbelanjaan. Setelah sampai, kamu memang membeli dompet. Tetapi kamu juga menemukan hal menarik lainnya, seperti cincin.

Akhirnya kamu membeli cincin. Belum lagi ketika menyusuri pusat perbelanjaan. Akan banyak sekali makanan dan minuman yang menggiurkan. Kamu harus pintar mengatur pengeluaran itu. Selalu utamakan kebutuhan, lalu abaikan hal yang dirasa kurang penting.

2.Berhutang

Kamu salah satu yang hobi menghutang? Sekarang ubah kebiasaan buruk itu. Berhutang sama saja melegakan sementara, namun menyakitkan pada akhirnya.

Apalagi jika berhutang demi memnuhi keinginan konsumtif. Dengan berhutang, kamu akan diselimuti beban setiap harinya. Belum lagi dengan bunga yang ditetapkan.

Tips mengatur uang

Jika kamu telah berkeluarga, cobalah mulai menjalankan metode 4-3-3 ala Ferdie Darmawan. Dalam akun instagram  @ferdiedarmawan, ia mengajukan metode 4-3-3 untuk diterapkan. Hal itu agar kamu bisa menabung serta terhindar dari hutang.

Lalu, apa sebenarnya maksud metode 4-3-3 ala @ferdiedarmawan? Dalam postingannya, ia memberikan skema manajemen keuangan. Pola 4-3-3 adalah skema membagi uang agar semua kebutuhan tetap ter-cover. Sedangkan kita masih tetap bisa berinvestasi.

Jadi kamu bisa membagi uang sebesar 40 persen  untuk biaya hidup, termasuk asuransi dan BPJS, serta kebutuhan pokok lainnya. Sedangkan 30 persen uang dari pendapatan kamu gunakan untuk kebutuhan cicilan motor, rumah, mobil dan lainnya.

Kemudian masih tersisa 30 persen berikutnya. Pada pembagian 30 persen terakhir ini kamu dapat gunakan untuk menabung atau berinvestasi. Investasi di sini bisa berupa ilmu pengetahuan dan/ instrumen keuangan lainnya.

Mungkin kamu perlu mencoba metode Ferdie Darmawan. Agar manajemen keuanganmu bagus. Dan, kamu akan menjadi kaya! (Ara/ EB)

Related Articles

Back to top button