fbpx
Nasional

Uang Rp75 ribu, Uang Pemersatu Bangsa

SEMARANG, energibangsa.id — Memperingati Ulang Tahun Indonesia ke-75 pada 17 Agustus lalu, Bank Indonesia (BI) mengeluarkan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK).

Uang kertas tersebut memiliki nilai sebesar Rp 75 ribu yang melambangkan kebangkitan dan optimisme Indonesia. Meskipun begitu, Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim mengatakan uang Rp 75 ribu ini tidak memiliki eksklusivitas.

Artinya, semua masyarakat dari semua kalangan bisa menukarkan uang mereka dengan uang Rp 75 ribu.

Dalam selembar uang kertas Rp 75 ribu tersimpan filosofis yang perlu diketahui. Pembuatannya saja melalui proses yang cukup panjang dengan memakan waktu lebih dari dua tahun.

Uang Peringatan Kemerdekaan ini disebut sebagai bentuk perayaan dengan rasa syukur yang bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat. Sebab, biasanya uang peringatan terbuat dari perak dan emas.

Sempat beredar berita bahwa UPK ini tidak bisa digunakan untuk bertransaksi. Namun, Marlison menjelaskan bahwa UPK bisa digunakan untuk transaksi sehari-hari layaknya uang pada umumnya.

Desain yang diusung UPK Rp 75 ribu bernuansa merah putih yang memiliki makna mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebhinekaan, dan menyongsong masa depan gemilang atau disebut dengan filosofi 3M.

Pada halaman muka, menggambarkan peristiwa kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 oleh Soekarno dan Mohammad Hatta. Dibubuhi dengan pencapaian pembangunan selama 75 tahun kemerdekaan Indonesia, seperti jembatan, MRT, dan tol trans Jawa.

Sisi lainnya menggambarkan anak-anak dengan berpakaian adat yang mewakili wilayah barat, tengah, dan timur Indonesia. Dipadukan dengan motif tenun nusantara, seperti tenun Bali, batik kawung Jawa, dan songket khas Sumatera Selatan.

Ada juga satelit merah putih yang melambangkan masa depan yang gemilang di era digital.

Masyarakat di seluruh Indonesia begitu antusias dengan uang Rp 75 ribu ini, bersama untuk menukarkan uang mereka ke bank.

Uang Rp 75 ribu dianggap menjadi pemersatu bangsa, karena seluruh masyarakat tanpa terkecuali dapat memilikinya sebagai bentuk perayaan HUT RI ke-75.

Maka dari itu, filosofi yang terkandung dalam selembar UPK Rp 75 ribu bisa dipegang teguh dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

(Annisaa/EB).

Related Articles

Back to top button