fbpx
Nasional

Tujuh Anggota Komisi Yudisial (KY) Dilantik Hari Ini: “Selamat!”

JAKARTA, energibangsa.id—Hari ini, Senin (21/12), sebanyak tujuh anggota Komisi Yudisial (KY) dilantik oleh Presiden Joko Widodo di di Istana Negara, Jakarta.

Tujuh anggota Komisi Yudisial (KY) itu berasal dari beberapa latar belakang. Mereka juga telah menjalani proses seleksi yang panjang oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Ketujuh anggota itu kemudian membacakan sumpah jabatan periode 2020-2025 dengan Keputusan Presiden 131/P tahun 2020 tentang pemberhentian dengan hormat Anggota Komisi Yudisial masa jabatan 2015-2020 dan pengangkatan anggota Komisi Yudisial masa jabatan tahun 2020-2025.

“Saya bersumpah/ berjanji bahwa saya akan setia kepada dan akan mempertahankan serta mengamalkan Pancasila sebagai dasar negara, UUD 1945, serta peraturan perundang-undangan yang berlaku bagi negara Republik Indonesia,” demikian bacaan sumpah Anggota KY di hadapan Presiden dan pemuka agama, Senin (21/12).

‘Malaikatnya’ Hakim se-Indonesia itu terdiri atas praktisi hukum, akademisi dan mantan hakim itu sendiri. Acara pelantikan berjalan dengan normal. Meski jumlah tamu dibatasi dan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Berikut 7 Anggota KY Periode 2020- 2025

1. Joko Sasmito (mewakili unsur mantan hakim Pengadilan Militer)

2. M Taufik Hz (mewakili unsur mantan hakim)

3. Sukma Violetta (mewakili unsur praktisi hukum, petahana Komisioner KY sebelumnya)

4. Bin Ziyad Khadafi (mewakili unsur praktisi hukum)

5. Amzulian Rifai (mewakili unsur akademisi hukum, Ketua Ombdusman saat ini)

6. Mukti Fajar Nur Dewata (mewakili unsur akademisi hukum)

7. Siti Nurjanah (mewakili unsur anggota masyarakat)

(*)

Related Articles

Back to top button