Kesehatan

Trimester Pertama Kehamilan, Bunda Wajib Konsumsi Makanan Ini

ENERGIBANGSA.ID – Banyak nutrisi yang harus dipenuhi Bunda pada trimester pertama masa kehamilan.

Hal tersebut bertujuan agar Bunda dan janin dapat tumbuh sehat hingga masa persalinan tiba.

Agar kehamilan berjalan baik, ada berbagai cara untuk mewujudkannya. Mulai dari rutin berolahraga, istirahat yang cukup, rutin mengontrol kehamilan, hingga menjaga asupan makanan. 

Lalu, kira-kira makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh bumil di trimester awal kehamilan?

Sumber : blogspot

1.  Lemon atau Air Kelapa

Melansir dari Halodoc, lemon dan air kelapa bisa menjadi pilihan bagi bumil yang sering mengalami mual di trimester pertama kehamilan.

Menariknya lagi, air kelapa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.

2. Makanan Mengandung Zat Besi

Makanan kaya zat besi bertujuan untuk mencegah terjadinya anemia. Jangan anggap remeh anemia, karena kondisi ini bukan cuma berdampak pada ibu saja.

Anemia bisa memicu berbagai masalah bagi janin, salah satunya kelahiran prematur akibat sel darah merah atau hemoglobin menurun.

Kondisi ini ujung-ujungnya bisa menyebabkan peningkatan volume plasma dan mengakibatkan kontraksi pada rahim.

Selain itu, zat besi juga bermanfaat untuk membawa darah yang kaya akan oksigen pada bayi di dalam kandungan.

Kekurangan zat besi juga bisa berdampak negatif pada IQ anak kelak.

Asupan zat besi dari daging sapi dan unggas, telur, makanan laut (hati-hati terhadap makanan mentah, dan yang banyak mengandung merkuri), tahu, biji-bijian, kacang-kacangan, bayam, hingga telur.

Sumber : ChooseMyPlate

3. Makanan Tinggi Protein

Protein adalah makanan untuk trimester pertama yang tidak boleh ketinggalan.

Protein punya peranan penting dalam membantu proses pembentukan jaringan tubuh pada ibu dan bayi selama masa kehamilan.

Tidak hanya itu, protein bisa membantu ibu untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga bumil tidak mudah mengalami sakit.

Makanan tinggi protein mulai dari daging tanpa lemak, ikan, telur, dan unggas.

4. Makanan Kaya Asam Folat

Asam folat merupakan salah satu nutrisi penting dalam pembentukan sel otak bayi.

Suplemen prenatal (masa sebelum kelahiran) dengan asam folat, penting bagi kecerdasan anak meski dalam kandungan.

Temuan ahli dalam Journal of American Medical Association mengatakan, ibu yang mengonsumsi asam folat empat minggu sebelum kehamilan dan delapan minggu setelah kehamilan, bisa meminimalkan risiko autis pada bayi sebanyak 40 persen. 

Selain hal di atas, manfaat asam folat bisa mencegah keguguran, mencegah anemia, hingga menurunkan risiko preeklamsia.

Bunda bisa mendapatkan asam folat dari sayuran hijau (bayam, brokoli, kubis), buah-buahan (alpukat, pepaya, jeruk), kacang-kacangan, hati sapi, hingga telur.

5. Makanan Kaya Serat

Serat merupakan nutrisi atau makanan untuk trimester pertama yang tak kalah pentingnya. Serat bisa membantu ibu untuk mengontrol kenaikan berat badan dan mencegah preeklamsia.

Menurut para pakar di American Diabetes Association, serat bisa membantu untuk menurunkan risiko diabetes gestasional.

Keistimewaan serat bukan cuma merangsang perkembangan janin saja. Nutrisi ini juga bisa membantu mencegah bumil mengalami konstipasi alias masalah buang air besar.

Mau tahu makanan kaya serat yang bisa dikonsumsi di trimester pertama? Banyak kok mulai dari buah segar, kacang-kacangan, biji-bijian, hingga, sayur-sayuran yang dimasak.

Sumber : activatemcafeeproduct

6. Susu atau Produk Olahan Susu

Susu atau produk olahannya kaya beragam nutrisi yang dibutuhkan ibu di trimester pertama kehamilan.

Sebut saja protein, vitamin D, iodium asam folat, hingga kalsium. Di trimester pertama bumil dianjurkan untuk mengonsumsi produk olahan susu yang kaya kalsium.

Kalsium ini baik untuk ibu dan pertumbuhan tulang janin.

Pastikan memilih susu yang melewati proses pasteurisasi.

Susu yang belum dipasteurisasi, contohnya susu mentah dari sapi, bisa mengandung bakteri berbahaya.

Selain susu, ibu juga bisa mendapatkan nutrisi-nutrisi di atas dari keju atau yoghurt.

Semoga bermanfaat!

Related Articles

Back to top button