Dunia

Trenyuh! Inilah Haji di Tengah Pandemi

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Kegiatan haji di tanah suci Mekah pada tahun ini memang tak seperti tahun sebelumnya. Jumlah jamaah haji sangat terbatas, juga ketat dengan protokol kesehatan.

Suasana haji dengan protokol kesehatan, bermasker hingga jaga jarak

Indonesia sendiri memutuskan tidak merekomendasikan jamaah haji asal tanah air. Artinya, tahun ini tak ada jamaah haji dari Indonesia. Lagi-lagi akibat pandemi virus covid-19.

Meski tak ada yang menunaikan ibadah haji, Idul Adha tetap dirayakan secara sederhana, pun, tak seperti biasanya. Jumlah masyarakat untuk berkurban juga nampak berkurang. Tapi apalah daya, memang perekonomian hampir semua warga negara benar-benar sulit.

Jamaah haji yang melakukan seluruh rukun haji, dengan berjaga jarak antara satu dengan jamaah lainnya

Kegiatan Wukuf di Arafah

Sejumlah umat muslim yang mengikuti haji 2020 tengah menjalankan wukuf di padang Arafah, Mekah, Arab Saudi. Saat pandemi, mereka tampak menggunakan masker ketika memanjatkan doa.

Umat Muslim memakai masker ketika memanjatkan doa di padang Arafah, Mekkah Arab Saudi. Foto: Kementerian Media Arab Saudi via Reuters

Pembatasan jemaah haji yang diakibatkan pandemi virus corona membuat suasana tampak sepi, berbeda dengan musim haji sebelumnya. Kini tak terlihat lagi lautan manusia di tempat tersebut.

Idul adha kali ini memang luar biasa! Selain memang telah menjadi ritual tahunan, ibadah haji yang diselenggarakan secara terbatas setidaknya menyisakan kisah tersendiri. Mari mengambil hikmah momen Idul Adha di tengah pandemi ini. Semoga musibah ini segera berlalu. (dd/EB)

Related Articles

Back to top button