Ekonomi & BisnisKabar Indonesia

Tirto Furniture, Butikan Mebel Blitar Mampu Bersaing di Amerika

ENERGIBANGSA.ID – Sudah tak terhitung berapa banyak karya anak bangsa yang mendunia dan bahkan tak jarang menyabet banyak penghargaan. Lewat karya-karya tersebut mereka ingin memperkenalkan kepada dunia bahwa Indonesia juga mampu bersaing.

Seorang Warga Negara Indonesia, Chris Tirtoprodjo juga tak ingin kalah. Sebagai seorang warga Indonesia Ia mengenal betul potensi yang dimiliki oleh Indonesia baik dari SDA maupun SDM nya. Ia bersama sang istri lantas berkeinginan memperkenalkan karya para pengerajin kayu asal Blitar kepada masyarakat Amerika.

Pada tahun 2013 silam Ia mulai membangun bisnis furniture di Seattle, Amerika yang Ia beri nama Tirto Furniture. Berbeda dengan kebanyakan furniture dijual dipasaran, Tirto Furniture mencoba mengusung bisnis yang sustainable (berkelanjutan) tak hanya bagi para pengerajin tetapi juga bagi lingkungan.

Semua furniture yang dijual di tokonya merupakan hasil karya para pengerajin Blitar yang didatangkan setiap dua bulannya langsung dari Blitar. Soal kualitas Chris mempercayakan kendali mutu kepada ayahnya sehingga setiap furniture yang dibuat terjaga kualitasnya.

Uniknya, setiap furniture yang dijual oleh mereka dijual secara terbatas, dimana hasil furniture batch satu dengan batch setelahnya akan berbeda. Sehingga hal tersebut akan membuat setiap furniture menjadi unik dan ekslusif. Hal tersebut disampaikan oleh Chris saat diwawancarai oleh tim voaindonesia.

Mengusung bisnis yang berkelanjutan mereka mencoba memanfaatkan limbah kayu hasil dan mengubahnya menjadi produk yang bisa memiliki nilai jual pula. Dengan menjual furniture hasil karya pengerajin Blitar secara tidak langsung Chris turut membantu perekonomian pengerajin Blitar serta memperkenalkan kepada masyarakat Internasional jika furniture dari Indonesia layak dan mampu bersaing dengan furniture dari merk setempat.

Semoga saja ke depannya akan lebih banyak lagi orang-orang seperti Chris sehingga para pengerajin kita dapat memasarkan produknya lebih luas lagi. Tentunya perekonimian merekapun juga menjadi lebih baik. Kalau Sobat Energi sudah ada ide untuk memperkenalkan apa ?

Related Articles

Back to top button