Ekonomi & Bisnis

Tips Tingkatkan Produk UMKM untuk Go Internasional

ENERGIBANGSA.ID – Bank Indonesia menyebutkan UMKM Indonesia masih minim go internasional untuk menembus pasar global. Persaingan dagang ekspor yang masih rendah membuat BI perlu melakukan pembinaan lebih dalam.

Dari 800 UMKM yang dibina, baru 200-250 yang sudah menjual hasil karya mereka ke luar negeri. Usaha Menengah Ke atas Masyarakat digadang-gadang oleh pemerintah untuk masyarakat lebih mandiri membangun kreatifitas dan berani bersaing dengan pasar nasional maupun global.

Pemerintah memberikan fasilitas yang dibutuhkan oleh masyarakat agar usaha yang dibangun dapat melajukan grafik penjualan. Usaha kreatif dimasyarakat memang sudah banyak, hanya saja masih ada sebagian dari mereka yang teranjur menetap di pasar nasional sehingga lupa jika ada peluang sangat bisa untuk go internasional.

Keterbatasan yang dirasakan oleh pemilik usaha mungkin akan terbantu dengan tips-tips yang energibangsa.id berikan di bawah ini untuk meningkatkan produk usahanya ke pasar global atau go internasional.

Menentukan Target Pasar
Membangun UMKM yang harapannya bisa komitmen terus mengalami perkembangan yang meningkat memang tidak mudah, perlu pematangan dalam membuat strategi yang kolaboratif. Pelaku usaha harus mengenal karakteristik pasar yang menjadi sasaran dagang ekspor. Produk high end biasanya lebih dikuasai di pasar Eropa. Indonesia akan lebih cocok dengan produk low end yang bermain di tengah pasar Asia, seperti bersaing dengan pasar China, Vietnam dan lainnya.

Mengikuti Tren Pasar
Perkembangan gaya tidak aka nada matinya. Permintaan pasar yang tidak bisa diprediksi akan menjadi peluang tersendiri untuk dimanfaatkan. Barang yang banyak dicari oleh konsumen itulah yang harus dipenuhi permintaannya.

Memiliki Nilai dan Inovatif
Kreatifitas pelaku usaha akan terus diuji dengan inovasi sebgaai strategi yang ia keluarkan untuk memasarkan produk. Suatu produk harus memiliki nilai yang apabila dilihat orang akan menarik minat beli. Keunikan yang inovatif juga akan menambah nilai suatu barang untuk menimbulkan seseorang untuk memiliki dan membuat barang tersebut diingat oleh konsumen.

Memiliki Komunikasi Bisnis yang Mumpuni
Cara penjualan suatu produk menjadi salah satu strategi utama yang harus dipersiapkan. Pelaku bisnis Indonesia harus aktif bersosialisasi dengan dunia pasar Internasional agar mampu menjalin kerja sama dan memperluas jaringan. Para pemilik UMKM juga perlu belajar dari cara pemasaran di pasar Eropa dan Amerika yang memiliki produk eksklusif. Publikasi yang dirancang dengan kreatif akan menjadi titik banding konsumen yang penasaran untuk cari tahu dan menentukan keputusan pembelian.

Beberapa tips di atas akan membantu kalian pelaku usaha atau sobat energi yang sedang mengembangkan usahanya lebih maju lagi.

Related Articles

Back to top button