Kabar Indonesia

Tips Supaya Miss V Nyaman Saat Berhubungan Seks

Energibangsa.id — Berhubungan seks tidaklah hanya sekedar kepuasan seksual, tentunya penting untuk memikirkan kebahagian miss V, maksudnya adalah dengan menjaga kondisinya tetap bersih dan sehat selama bercinta.

Tips Miss V Saat Berhubungan Seks

Berikut merupakan hal-hal yang harus diperhatikan.

  1. Tak perlu mencukur habis bulu kemaluan
    Dilansir dari Healthline, bulu kemaluan memiliki fungsi penting yakni melindungi vagina dari bakteri berlebih, serta melindungi vagina dari gesekan dan keringat. Mencukur bulu kemaluan sebenarnya sah-sah saja, namun sebaiknya tidak perlu sampai habis. Jika ingin mencukur bulu kemaluan, disarankan menggunakan gel cukur alami atau krim dan pilih produk yang hypoallergenic.
  2. Hati-hati dalam memilih pelumas
    Dilansir dari Science Daily, universitas Indiana, Amerika Serikat melakukan penelitian yang melibatkan 2.453 perempuan usia 16-68 tahun menemukan bahwa penggunaan lubrikan atau pelumas selama melakukan hubungan seks, baik dilakukan sendiri atau dengan pasangan, berkontribusi pada tingginya kepuasan dan kenikmatan seks.

Meski demikian, hati-hatilah dalam memilih produk lubrikan karena ada beberapa kandungan yang tidak disarankan. Gliserin contohnya, berhubungan dengan gula. Walaupun bahan tersebut bisa membantu lubrikan tetap lembap, tetapi penggunaannya pada bisa berkontribusi pada pertumbuhan bakteri di vagina.

Selain itu, hindari juga produk yang mengandung petroleum karena bisa merusak pH alami vagina. Bahan lain yang juga perlu dihindari termasuk: paraben, pewangi, perasa, pewarna, dan minyak yang tidak alami.

  1. Lakukan seks dengan aman
    Aspek lainnya yang dapat menjaga kesehatan vagina adalah dengan mempraktikkan seks yang aman. Tipsnya antara lain:
    • Gunakan pengaman seperti kondom untuk laki-laki maupun perempuan, sarung tangan, dan sebagainya.
    • Lakukan pemeriksaan rutin sebagai langkah untuk deteksi dini penyakit menular seksual.
    • Pilih kondom yang tidak mengandung spermisida. Bahan tersebut tidak disukai vagina, karena bisa membunuh bakteri baik di dalamnya.
    • Setia dengan satu pasangan.
    • Gunakan bentuk kontrasepsi lainnya. Libatkan dokter untuk memilih metode kontrasepsi yang paling sesuai.
  2. Biasakan buang air setelah seks
    Perempuan lebih berisiko mengalami infeksi saluran kemih lebih tinggi, karena letak vagina yang dekat dengan uretra dan anus. Kondisi tersebut mempermudah bakteri untuk berpindah dari anus ke uretra, dan kemudian ke kandung kemih.

Perempuan Berisiko Tinggi

Menurut keterangan dari laman Office on Women’s Health yang merupakan bagian dari U.S. Department of Health & Human Services, perempuan 30 kali lebih berisiko terkena infeksi saluran kemih ketimbang laki-laki. Alasannya ada dua, yakni:

• Uretra perempuan lokasinya dekat dengan vagina dan anus. Artinya, bakteri dapat dengan mudah berpindah dan menyebar dari area tersebut ke uretra.
• Uretra perempuan lebih pendek ketimbang laki-laki. Artinya, bakteri yang masuk ke uretra bisa mencapai kandung kemih dengan lebih mudah.

Melansir Medical News Today, buang air kecil setelah bercinta dapat membantu mengeluarkan bakteri dari uretra.

Pada laki-laki, kencing setelah seks tidak terlalu penting, karena laki-laki memiliki uretra yang lebih panjang, sehingga bakteri dari area genital cenderung tidak mencapai kandung kemih.

Meskipun belum ada bukti yang benar-benar valid bahwa berkemih usai seks dapat mencegah infeksi saluran kemih, tetapi tak ada salahnya membiasakan praktik ini.

  1. Gunakan pakaian dalam yang nyaman
    Katun adalah bahan celana dalam yang sangat “disukai” vagina. Bahan katun 100 persen bisa menyerap keringat atau cairan dengan baik, sehingga area vagina tidak terlalu lembap yang membuatnya disukai bakteri untuk berkembang.

Melansir Healthline, bahan sintetis seperti nilon dan spandeks malah bisa memerangkap panas dan lembap, sehingga menciptakan lingkungan sempurna untuk infeksi ragi (yeast).

Satu lagi yang tak kalah penting, rutinlah mengganti celana dalam setidaknya sekali sehari, atau lebih sering bila banyak berkeringat dan/atau cuaca panas.

Nah, hal-hal diatas merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga kesehatan juga kebersihan pada vagina, supaya dapat bercinta dengan nyaman dan bahagia. (dhanti/EB/idntimes)

Related Articles

Back to top button