Gaya Hidup

Tips Mudah Turunkan Berat Badan, Hindari Makanan dan Minuman Ini

SEMARANG, energibangsa.id — Memiliki tubuh yang ideal memang sangat didambakan oleh banyak orang, sehingga banyak yang merencanakan untuk menurunkan berat badan ataupun menjaga kebugaran tubuh.

Jenis makanan tertentu dapat membantu menurunkan dan ada juga yang justru menambah berat badan. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari:

1. Keripik kentang

Keripik kentang ataupun kentang goreng dapat menjadi makanan terbaik saat menikmati me-time atau waktu yang berkualitas. Keripik dan kentang goreng ini memang enak, akan tetapi disaat yang bersamaan kandungan kalorinya pun tinggi, belum lagi jika ditambah garam dan minyak yang berlebih. Semangkuk ataupun 100 gram keripik kentang mengandung 536 kalori.

Terlebih, keripik kentang kemasan seringkali mengandung zat pemicu kanker yakni Akrilamida. Jika kamu ingin tetap menikmatinya, buatlah sendiri keripik atau kentang goreng dengan cara dipanggang sehingga dapat dikonsumsi dengan sedikit atau tanpa minyak.

2. Minuman manis

Orang sering memilih minum jus buah dengan anggapan bahwa itu baik untuk kesehatan, tetapi tahukah Anda bahwa secangkir jus buah kemasan mungkin mengandung sebanyak 136 kalori. Sarat dengan gula, minuman ini dapat langsung meningkatkan kadar gula darah, dalam jangka panjang dapat menyebabkan penambahan berat badan dan obesitas.

Jadi, jika berencana untuk menurunkan berat badan, tinggalkan minuman kemasan dan pilih jus segar buatan sendiri dan campuran yang sehat.

3. Kue kering

Salah satu makanan yang paling mudah disiapkan saat bepergian adalah biskuit dan kue kering. Kue panggang juga tampak menggoda. Tapi, makanan yang dipanggang mengandung banyak kalori, satu kue saja bisa 40 kalori.

Selain itu, biskuit dan kue kering terbuat dari gula rafinasi, tepung kaya gluten, dan lemak. Makanan yang dipanggang ini juga mengandung lemak trans dan gula yang menambah rasa, pada akhirnya dapat merusak rencana penurunan berat badan.

4. Roti putih

Jika berencana untuk menurunkan berat badan atau mengikuti pola makan sehat, hindari roti putih. Roti putih sarat dengan tepung kaya gluten, tambahan gula, dan bahan lain yang dapat menambah jumlah kalori.

5. Minuman kafein dengan susu dan krim

Kopi sarat dengan kebaikan kafein yang membantu meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak secara alami. Tapi minuman ini sering kali ditambah dengan susu, krim, gula dan bahan lain seperti cokelat atau sirup karamel yang meningkatkan jumlah kalori.

Jadi, jika ingin tetap bugar dengan berat badan terkontrol, minum saja kopi hitam yang dapat membantu mengatur berat badan. Tapi jangan terlalu banyak, karena kelebihan kopi dapat menyebabkan kembung dan ketidaknyamanan.

Nah, itu dia 5 makanan dan minuman yang patut dihindari kalau mau menurunkan berat badan. (dhanti/EB/msn).

Related Articles

Back to top button