KesehatanRagam Bangsa

Tips Mengolah Makanan yang Benar Menurut dr Zaidul Akbar

ENERGIBANGSA.ID – Masyarakat sekarang ini mulai menyadari pentingnya hidup sehat atau yang lebih populer dengan sebutan healthy lifestyle. Namun sayangnya tak semua paham bagaimana mendapatkan nutrisi yang cukup dari makanan yang dikonsumsi.

Hidup sehat tak berarti tidak mengkonsumsi karbohidrat atau lemak sama sekali. Hal tersebut justru keliru. Sangat penting dipahami bahwa tubuh kita memerlukan berbagai macam nutrisi. Untuk mendapatkan manfaat dari makanan yang dikonsumsi kita harus tahu bagaimana mengolahnya sehingga manfaat yang didapat bisa maksimal.

Tim Energi Bangsa telah merangkumkan untuk Sobat Energi bagaimana cara mengolah beberapa bahan makanan berikut

Tomat
Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat tomat adalah dengan cara diolah alias dimasak. Proses pemasakan seperti dikukus akan mengeluarkan kandungan likopen (lycopene) yang sangat tinggi. Likopen sendiri dikenal sebagai senyawa anti kanker karena likopen memiliki sifat antioksidan yang tinggi sehingga bermanfaat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan radikal bebas.

Terong
Makanan yang banyak penggemarnya ini ternyata memiliki kemampuan untuk menetralkan logam-logam berat pada tubuh kita. Agar mendapatkan manfaat tersebut cara pengolahannya pun mesti benar. Terong bisa diolah dengan cara dipanggang, dikukus atau ditumis tentunya jangan menambahkan minyak goreng ke dalamnya agar nutrisi di dalamnya tidak rusak.

Brokoli
Di dalam brokoli kita bisa menemukan senyawa sulforaphane yang mana jika senyawa ini keluar maka tubuh kita akan melakukan proses auto detox. Kita bisa mengkonsumsi brokoli dalam keadaan fresh alias mentah cukup dengan mencucinya atau dengan dikukus.

Wortel
Tentu sudah banyak yang tahu jika tentang kandungan beta carotene pada wortel. Senyawa ini akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh dan cara terbaik untuk mendapatkannya adalah dengan cara dikukus atau direbus. Bisa pula diolah menjadi sup yang lezat.

Paprika
Cara terbaik mendapatkan manfaat paprika adalah mengkonsumsinya langsung karena paprika mengandung vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C pada paprika akan rusak jika dipanaskan pada suhu diatas 375 derajat.

Untuk mendapatkan tubuh sehat sebenarnya tidak perlu merogoh kocek dalam Sobat Energi hanya perlu membenarkan isi piring Sobat Energi seperti saran dari dr. Zaidul Akbar. Selain itu Sobat Energi perlu belajar mengolah bahan makanan dengan tepat agar bisa mendapatkan nutrisi yang maksimal.

Related Articles

Back to top button