Gaya HidupKesehatan

Tips Mengatasi Kulit Belang Pasca Demo Gejayan

ENERGIBANGSA.ID – Demi memperjuangkan keadilan dalam kehidupan bernegara, ribuan mahasiswa melakukan aksi damai menyuarakan tuntutan dengan tertib.

Dilaksanakan di berbagai daerah, aksi ini dipelopori oleh mahasiswa-mahasiswa di Yogyakarta dengan nama #GejayanMemanggil.

Tak hanya di Yogyakarta, aksi serupa juga dilakukan di beberapa kota dan dimulai siang hari saat hari sedang terik-teriknya. Tak heran, banyak para peserta aksi yang menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Meski begitu, kisah sedih namun cukup menggelitik dialami oleh para peserta aksi, khususnya perempuan. Usai gelaran aksi, banyak peserta yang mengeluhkan kulit wajah dan tangannya yang menjadi belang.

Namun Sobat Energi yang terlibat dalam aksi Gejayan Memanggil tak perlu khawatir. Tim Energi Bangsa akan memberikan tips perawatan kulit alias skincare routine pasca demo.

Lakukan Double Cleansing

Saat demo pada siang hari, sudah pasti kulit wajah Sobat Energi akan terkena debu, asap knalpot, dan tentunya sengatan matahari yang membuat kulit kusam. Untuk membersihkan wajah dari “dosa-dosa” itu, maka lakukanlah double cleansing atau pembersihan ganda.

Contoh first cleanser berbahan dasar minyak (Foto: Sociolla)

Mulailah first cleanser dengan menggunakan pembersih berbahan dasar minyak, air, atau susu menggunakan bantuan kapas.

Setelah itu lanjutkan second cleanser dengan mencuci muka menggunakan face wash yang sesuai dengan tipe kulit Sobat Energi.

Gunakan exfoliating toner

Eksfoliasi berguna untuk meregenerasi kulit agar nampak lebih sehat. Hyperpigmentation pada warna kulit yang terjadi akibat terkena panasnya sinar matahari dapat diatasi dengan rutin melakukan eksfoliasi.

Ragam pilihan exfoliating toner (Foto: Beautynesia)

Namun perlu diingat, gunakan exfoliating toner hanya 3-4 kali saja dalam seminggu. Terlalu sering melakukan eksfoliasi dapat membuat kulit menjadi tipis.

Pakai hydrating toner

Setelah dibersihkan dan dieksfoliasi, kulit akan menjadi kering. Untuk menjaga keelastisan kulit dan menghindarkannya dari dehidrasi, maka gunakan hydrating toner.

Beberapa contoh hydrating toner (Foto: Female Daily)

Selain memberikan kesegaran, toner ini juga membuat kulit lebih sehat. Lakukanlah secara rutin dua kali dalam sehari.

Maskeran

Maskeran secara rutin terbukti ampuh untuk mengembalikan dan mencerahkan warna kulit, lho Sobat Energi! Ada banyak jenis masker yang bisa dipilih, misalnya seperti sheetmask, masker pasta, hingga masker bubuk berbahan organik. Pilihlah masker yang memiliki kandungan vitamin C atau bengkuang untuk membuat wajahmu semakin menawan.

Scrubbing

Sama seperti tiga tahap sebelumnya, scrubbing berfungsi sebagai eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Lakukan aktivitas ini 1-2 kali saja dalam seminggu. Oleskan scrub pada wajah lalu pijat perlahan sambil nonton drama Korea, ya.

Gunakan serum

Pada umumnya serum memiliki kandungan vitamin C atau niacin yang sangat bagus untuk mencerahkan wajah. Gunakan serum secara teratur setiap malam agar manfaatnya dapat meresap dengan baik. Perlu diingat, saat menggunakan serum yang mengandung vitamin C atau niacin maka jangan dibarengi dengan penggunaan exfoliating toner karena dapat berbahaya. Jadi pakainya selang-seling, ya.

Sunscreen is a must!

Untuk semakin mengoptimalkan usaha dalam mengembalikan warna kulit yang belang, Sobat Energi jangan lupa pakai sunscreen alias tabir surya, ya.

Beberapa pilihan sunscreen (Foto: Female Daily)

Pilih tabir surya yang memiliki kandungan SPF dan PA++ untuk melindungi dari paparan sinar UV A dan UV B yang dapat membuat warna kulitmu semakin menggelap.

Wah kelihatannya banyak sekali ya tahapan untuk mendapat warna kulit yang merata dan menjadi glowing.

Tapi percayalah, usaha tak akan menghianati hasil kok!

Related Articles

Back to top button