Gaya Hidup

Tips Memilih Sport Bra yang Nyaman Dipakai Olahraga atau Sehari-hari

ENERGIBANGSA.ID – Olahraga dengan gerakan tubuh vertikal (perpindahan naik turun atau atas bawah) seperti menunggang kuda atau lompat tali melibatkan lebih banyak gerakan daripada olahraga horizontal seperti bersepeda.

Bukan hanya arah, kecepatan berolahraga juga mempengaruhi gerakan di area payudara. Contohnya, berlari memberikan guncangan yang lebih kuat daripada berjalan.

Terkadang bagi sebagian besar perempuan goncangan yang timbul sangat mengganggu kenyamanan aktivitas.

Solusinya, kamu perlu menggunakan bra terbaik sesuai kebutuhan.

Di bawah ini Energi Bangsa akan memberikan tips cara memilih sport bra terbaik dan nyaman dipakai, bahkan untuk sehari-hari .

Sumber : sentralfitnes

1. Pahami Jenis Sport Bra

Memilih sport bra untuk sehari-hari yang tepat harus diiringi berbagai pertimbangan. Hal yang harus diperhatikan pertama kali adalah pahami jenisnya.

Terdapat tiga jenis sport bra seperti di bawah ini.

  1. Kompresi :  Bra tipe ini bekerja dengan menahan payudara ke dada tanpa cup terpisah, maka lebih cocok untuk ukuran cup A dan B. Bra kompresi umumnya tidak memiliki pengait. Jika kamu memiliki ukuran payudara di atas cup A atau B, bra jenis ini disarankan hanya digunakan untuk olahraga ringan.
  2. Enkapsulasi : Model ini memiliki cup yang terpisah antara kiri dan kanan, maka cocok untuk yang berukuran lebih besar dan banyak melakukan olahraga dengan intensitas tinggi.
  3. Kompresi dengan Enkapsulasi : Model sports bra ini memiliki support yang terbaik dengan menggabungkan cup terpisah, karet bagian bawah yang kuat, dan desain tanpa pengait. Sangat cocok untuk olahraga yang melibatkan banyak gerakan.

2. Sesuaikan dengan Aktivitas

Umumnya, produk akan menjelaskan apakah bra yang mereka jual dimaksudkan untuk olahraga dengan intensitas tinggi, menengah, atau rendah.

Pastikan kamu menggunakan sport bra yang sesuai dengan kegiatanmu sehari-hari.

  1. Intensitas tinggi: HIIT, tabata training, berlari, mendaki bukit, menaiki tangga, lompat tali, kickboxing.
  1. Intensitas menengah: jalan cepat, bersepeda, tarian, tenis ganda, zumba.
  2. Intensitas rendah: yoga, berjalan, senam, tai-chi, berenang, angkat beban.

3. Tampilan Belakang Sport Bra Sesuai Kriteria

Model sports bra yang bermacam-macam ternyata bukan hanya untuk kepentingan desain.

Faktanya, dua jenis tampilan belakang yang berbeda memiliki efek yang berbeda bagi pemakainya.

  1. Racerback : Bra sport dengan jenis racerback memiliki tampilan belakang yang memusat ke tengah karena mengikat di belakang, tali pengikat bra lebih dekat ke tubuh sehingga bisa menahan dada dengan lebih kuat.
  1. Tank Top : Desain ini memiliki tampilan seperti bra yang paling umum. Bra jenis ini lebih cocok untuk intensitas rendah. Kelebihan sports bra model ini adalah sangat cocok untuk digunakan sehari-hari.
  2. Criss-cross : Dengan tampilan belakang menyilang, brs criss-cross umumnya memiliki tali yang bisa disesuaikan dan cup yang terpisah, cocok untuk olahraga intensitas rendah, menengah, maupun tinggi.

4. Kunci Bra yang Tepat

Untuk faktor yang satu ini, kamu bisa memilihnya atas dasar kenyamanan dan desain.

Pada dasarnya, ada tiga jenis kunci bra yang umumnya digunakan.

  1. Pullover alias Tanpa Kunci : Model pullover biasanya digunakan untuk bra kompresi. Untuk memakainya, kamu harus masuk dari bagian bawah bra seperti sedang memakai kaus. Bra ini nyaman dipakai dan benar-benar membuat dada tertahan karena tidak ada jalan keluar. Bagaimanapun, melepaskannya mungkin agak merepotkan ketika kamu berkeringat.
  1. Kait Besi di Belakang : Jenis ini merupakan pilihan yang sangat umum untuk bra. Dalam hal bra untuk berolahraga, kait besi adalah kunci yang sangat direkomendasikan untuk kamu yang memiliki ukuran payudara lebih besar.
  2. Sekitar 70% support yang diberikan bra berasal dari karet di bagian bawah dada. Ketika kamu bisa menyesuaikan karet itu dengan tubuh, support yang diberikan akan semakin baik.
  3. Resleting Depan : Model ini mungkin termasuk jarang ditemui. Keunggulan bra dengan resleting adalah kemudahan untuk melepaskannya. Dalam memilih bra jenis ini, ukuran harus dipastikan dengan baik karena pada dasarnya resleting cukup mudah terbuka apabila bra terlalu kecil.

5.  Jangan Abaikan Ukuran Bra

Biasanya, sports bra hadir dengan ukuran S, M, L, dan seterusnya.

Bagaimanapun, brand hampir selalu menyertakan perbandingan antara ukuran tersebut dengan ukuran bra pada umumnya. Temukan ukuran bra idealmu dengan cara berikut:

  1. Ukur lingkar bawah payudara, tambahkan 5 inci ke ukuran akhir, dan bulatkan ke nomor genap berikutnya.
  2. Ukur longgar sekitar dada di depan puting, bulatkan ke angka utuh berikutnya, ini adalah angka yang akan digunakan di ukuranmu.
  3. Tentukan ukuran cup dengan menghitung selisih antara hasil langkah 1 dan langkah 2. Perbedaan 1 inci = A, 2 inci = B, 3 inci = C, dan 4 inci = D

Baik untuk berolahraga atau berkegiatan sehari-hari, kenyamanan adalah prioritas nomor satu ketika memilih bra.

Semoga membantu!

Related Articles

Back to top button