Gaya Hidup

Tips Lolos Interview Kerja

ENERGIBANGSA.ID – Ketika seseorang melar pekerjaan d sebuah perusahaan yang selalu menjadi momok bagi para pelamar adalah sesi interview (wawancara). Bagi sebagian orang sesi interview ini merupakan sesi yang paling mendebarkan.

Tak jarang muncul pikiran seperti apakah nantinya pertanyaan yang akan diajukan kepada kita. Hal itu sangat wajar akan tetapi jangan biarkan pikiran-pikiran tersebut justru membuat kamu grogi nantinya saat interview. Untuk itu, kita harus atur strategi supaya sesi interview kita lancar dan tentunya lolos.

Nah, buat kalian yang sedang melamar kerja dan akan melakukan interview tapi masih belum tahu hal apa aja yang harus diperhatikan saat interview. Tenang, karena Tim Energi Bangsa telah merangkumkan tips agar lolos interview.

Pelajari Tentang Perusahaan Yang Kalian Lamar
Dalam sebuah interview pertanyaan seperti “apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini?” merupakan pertanyaan yang cukup penting. Untuk itu, melakukan riset atau mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan sangatlah penting.

Nah, untuk menjawab pertanyaan semacam ini selalu pastikan jawaban kalian berfokus pada sisi positif perusahaan yang akan dilamar. Ingat, jangan membandingkan perusahaan yang kalian lamar dengan perusahaan tempat kalian bekerja sebelumnya.

Pelajari Tentang Diri Kalian Sendiri
Maksudnya adalah kenali dan pahami kemampuan atau kelebihan apa yang ada dalam diri kalian. Hal ini bertujuan untuk mempermudah kalian saat interview karena penginterview akan meminta kalian untuk mendeskripsikan (menggambarkan) diri kalian.

Untuk menjawabnya pastikan kalian mendeskripsikan diri kalian dengan beberapa kata positif yang mewakili gambaran karakter kalian. Disini perlu diingat bahwa gambaran yang kalian berikan tentang diri kalian harus sesuai dengan posisi yang Anda lamar. Misalnya, jujur, komunikatif, pekerja keras.

Pelajari Posisi Pekerjaan yang Dilamar
Saat interview terkadang pelamar akan diminta untuk menjelaskan mengenai posisi yang Ia lamar. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari posisi yang kalian lamar sebab perusahaan pasti akan enggan mempekerjakan orang yang tidak mengerti tentang tugas-tugas dan tanggung jawabnya.

Jangan Terlalu Berpengalaman
Penginterview terkadang akan mengajukan pertanyaan kepada pelamar mengenai pengalaman atau prestasi apa yang dimiliki. Tapi Sobat Energi wajib waspada dengan pertanyaan ini dan jangan berperilaku sombong seolah kalian telah memiliki segudang prestasi dan pengalaman (terlalu berpengalaman).

Oleh karena itu, pastikan menjawab dengan bijaksana dan tetap rendah hati. Sebab umumnya perusahaan enggan mempekerjakan pegawai yang sombong dengan alasan akan mempersulit bekerjasama dengan pegawai yang lain.

Utaran dengan jujur gaji yang anda inginkan
Pelamar dalam interview biasanya juga akan ditanya soal gaji yang diinginkan. Kalian boleh loh memberikan harga yang pantas untuk diri kalian. Dengan kata lain meminta gaji tinggi. Tapi perlu diingat juga bahwa kalian mempunyai kewajiban menjelaskan kenapa harga atau gaji tersebut pantas untuk anda ajukan.

Setelah membaca tips interview tadi, semoga Sobat Energi udah gak bingung lagi untuk menjawab pertanyaan saat interview nanti. Yang tak kalah penting nih, Sobat Energi juga harus mempersiapkan pakaian dan mental kalian supaya makin siap saat interview. So, good luck buat Sobat Energi yang akan melakukan interview.

Related Articles

Back to top button