fbpx
Pendidikan

Tips Kebut Skripsi Agar Cepat Selesai, Nomor 4 Tidak Disangka!

ENERGIBANGSA.ID–Bagi mahasiswa semester akhir, perjuangan menuju gerbang pintu keluar perkuliahan pastilah mengikuti wisuda.

Sebelum itu, mahasiswa diharuskan membuat skripsi sebagai tugas akhir yang harus dipenuhi sebagai syarat kelulusan.

Tiap individu berbeda-beda dalam mengerjakan skripsi. Ada yang ditunda ada juga yang ingin langsung cepat selesai.

Jika kamu masuk golongan yang ingin cepat selesai menyelesaikan skripsi agar tidak menumpuk beban, berikut tips yang dapat kami berikan untuk kalian  si pejuang skripsi!

1.Deadline

Buat jadwal deadline kamu sendiri dan berikan alarm peringatan yang membuatmu merasa rugi jika menundanya.

Contoh :  Kamu akan mengikuti bimbingan skripsi pertama pada 3 Januari. Kamu bisa memberikan target menyelesaikan kerangka skripsi pada 1 Januari, tanggal 2 Januari kamu bisa kroscek ulang sebelum mengikuti sidang pada tanggal 3.

2.Pilih Tema Penelitian yang Disukai

Salah satu alasan pejuang skripsi malas untuk mengerjakan adalah sulitnya menentukan ide dan tema apa yang akan diangkatnya.

Sering kali, kamu terlalu kompleks dalam pemilihan tema. Pikirkan hal apa yang paling menarik perhatianmu saat ini. Sederhana saja. Jika sudah muncul, jangan lupa tuliskan di note HP kamu atau kertas.

Setidaknya kumpulkan semua ide menarikmu setelah itu kamu bisa memilih mana ide yang paling tepat diantara semua ide yang kamu tulis.

3.Kerjakan di Tempat Kesukaan

Kondisi tempat di mana kamu akan mengerjakaan tugas juga akan ikut menentukan mood kamu.  Pilihlah tempat di mana kamu merasa tenang dan nyaman untuk mengumpulkan ide.

4.Rajin Datang Ke Wisudaan Teman

Tips yang satu ini kedengarannya agak konyol, ya? Eits tunggu dulu, coba deh pikirkan lagi.

Ketika kamu datang untuk memberikan selamat pada teman kamu yang sudah wisuda kamu akan melihat betapa bangganya mereka memakai toga.

Kamu tidak perlu sedih! Justru jadikan itu sebagai motivasi hidup kamu. Bahwa pencapaian pada level ini harus segera diselesaikan agar dapat memasuki tahap baru kehidupan.

Dengan begitu semangat kamu harus makin berkobar untuk segera menyusul jejak mereka.

5.Kurangi Jadwal Nongkong, Manggung dan Lainnya

Jika seminggu biasanya kamu nongkrong sebanyak tiga kali, kini kamu bisa mengubahnya jadi sekali.

Waktu yang kamu gunakan untuk bertemu banyak orang dalam sehari bisa kamu gunakan untuk menyelesaikan halaman skripsi sebanyak satu bab. Lumayan kan?

6.Lingkungan Pertemanan

Pilih lingkungan pertemanan yang mendorongmu semakin rajin dan termotivasi. Bukan yang dengan bangganya sepakat untuk menunda dengan alasan kesetiaan pertemanan.

Sadarlah bahwa kamu selamanya tidak akan terus bersama mereka. Jadilah individu yang mandiri dan tidak takut menolak jika itu memang menghambat tujuan masa depanmu.

Nah, itu tips buat kamu ‘si pejuang skripsi’. Berprinsiplah ketika kamu melakukan semua poin yang sudah disebutkan.

Bisa dipastikan tujuan kamu untuk lulus tepat waktu sesuai keinginan akan tercapai. Semoga berhasil! (ara/ EB)

Related Articles

Back to top button