Otomotif

Tips Hilangkan Baret pada Bodi Mobil, Mudah dan Cepat

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Baret mobil menjadi salah satu hal yang cukup mengganggu. Bukan hanya bagi pemilik, namun juga orang yang melihat. Ketika sebuah badan mobil terdapat goresan, maka penampilan dari mobil tersebut bisa menurun.

Penyebab terjadinya baret pada mobil pun beragam. Bisa jadi karena terkena kerikil tajam, tidak sengaja bergesekan dengan benda lain, hingga tabrakan dengan sesama pengguna jalan. Keadaan baret mobil yang parah juga bisa mempengaruhi seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memolesnya kembali.

Namun ternyata menghilangkan baret pada mobil bisa dilakukan sendiri lho tanpa bantuan bengkel, bahkan perlengkapan yang dibutuhkan bisa memakai peralatan yang ada di rumah. Hmm menarik ya.

Yuk simak tipsnya di bawah ini.

1. Gunakan obat nyamuk yang cair

Obat nyamuk yang berbentuk cair memiliki kandungan bahan yang mampu digunakan untuk menghilangkan lapisan baret pada mobil.

Cara yang perlu dilakukan pun cukup mudah lho. Siapkan sebuah kain lalu tuangkan secukupnya cairan obat nyamuk ke kain tersebut. Kemudian usapkan dengan gaya memutar dengan pelan-pelan di bagian mobil yang tergores.

Tunggu hingga 15 – 20 detik. Setelah selesai bilas permukaan mobil yang diusap dengan obat nyamuk dan keringkan.

2. Menghilangkan baret menggunakan kompon

Kompon merupakan senyawa pemoles atau kerap disebut polishing compound. Kompon sendiri memiliki bahan kimia yang disinyalir dapat digunakan untuk menghilangkan baret mobil.

Ada baiknya untuk memilih kompon yang berwarna putih agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Cara penggunaannya juga cukup mudah. Ambil kompon kemudian oleskan pada badan mobil yang sudah dibersihkan. Usahakan untuk mengoles kompon dalam kurun waktu yang cepat agar kompon tidak mengering. Lakukan secara perlahan dan setelah itu bersihkan badan mobil yang selesai dipoles.

3. Memakai Minyak Rem

Minyak rem juga mampu digunakan untuk menghilangkan baret mobil. Cara sederhana yang dapat dilakukan adalah pertama, siapkan sebuah kanebo kering, kemudian tuang minyak rem secukupnya. Oles secara merata pada bagian mobil yang terdapat baret.

Cara lain yang dapat digunakan adalah dengan menuangkan langsung minyak rem ke baret mobil. Namun cara ini beresiko bagian mobil yang lain juga terkena minyak rem.

Selain itu, minyak rem yang bersifat sangat keras juga membuat anda harus ekstra berhati-hati saat menggunakannya.

4. Gunakan wax

Ada dua jenis wax yang dapat digunakan, yaitu wax padat dan wax cair. Menggunakan wax dalam bentuk cair yang bersifat abrasif bisa membantu membuat gorean terlihat lebih samar

Kelemahan dari menggunakan wax bentuk cair adalah butuh kehati-hatian karena jika pada saat proses menggosok terlalu keras, maka goresan yang timbul akan bertambah.

Untuk cara aman adalah menggunakan wax dalam bentuk padat, karena didalamnya tidak terkandung bahan yang bersifat abrasif.

5. Memakai pasta gigi

Cara terakhir yang dapat digunakan adalah menggunakan pasta gigi. Ya, pasta gigi.

Untuk menghilangkan baret menggunakan pasta gigi sangatlah mudah loh. Terlebih dahulu siapkan sebuah kain dan basahi menggunakan air. Kemudian tuangkan pasta gigi sesuai dengan lebar dari goresan mobil.

Gosok bagian baret tersebut dengan gerakan melingkar. Namun rupanya pasta gigi hanya dapat digunakan untuk baret yang halus saja

Itulah beberapa bahan dan cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan baret pada badan mobil. Tentunya baret yang dapat dihilangkan yang bersifat kecil dan dangkal.

Bodi mobil sendiri memiliki empat lapisan yaitu lapisan bening, warna, primer, dan baja. Cara mudah untuk mengetahui seberapa dalam baret mobil adalah menggunakan kuku.

Jika kuku Anda terbenam ke dalam maka bisa dikatakan baret yang ada sudah cukup dalam, namun jika belum maka masih kategori dangkal.

Jika baret mobil sudah termasuk ke dalam kategori cukup dalam, ada baiknya menggunakan jasa bengkel ya sobat.

[Tata/EB].

Related Articles

Back to top button