Kesehatan

Tips Atasi Anak Rewel Setelah Imunisasi, Tanpa Perlu Minum Obat

SEMARANG, energibangsa.id — Bagi anak, imunisasi adalah tindakan primer pencegahan penyakit menular yang mempunyai komplikasi permanen seperti kecacatan hingga kematian.

Setelah melakukan vaksin, biasanya anak akan rewel karena rasa nyeri yang ditimbulkan membuat tidak nyaman. Namun setelah itu, anak akan kembali tenang saat rasa nyeri berkurang.

Penggunaan jarum untuk menginjeksi vaksin yang berupa cairan ke dalam tubuh anak bisa menyebabkan sedikit rasa sakit dan bengkak.

Saat vaksin telah disuntikan, tubuh akan bereaksi terhadap kandungan vaksin, hal ini terjadi karena adanya reaksi perlawanan pada penyakit. Ketika tubuh mengembangkan antibodi menyebabkan pembengkakan, merah di bekas suntikan dan tidak nyaman.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu mengurangi rasa tidak nyaman pada anak setelah vaksinasi. Yuk simak!

Kompres Luka dengan Air Dingin

Salah satu hal yang bisa dilakukan orangtua ialah mengompres luka bekas suntikan dengan kain bersih dan air dingin. Tindakan ini dapat sedikit meredakan rasa nyeri pada anak, sesekali sambil alihkan pikiran anak pada hal lain agar tidak terus fokus pada sakitnya.

Gerakkan Bagian Bekas Suntikan

Rasa nyeri bisa jadi timbul karena kondisi anggota badan yang terlalu tegang saat disuntik. Terutama pada anak yang biasanya masih takut dan kaget saat pertama kali disuntik. Orangtua dapat membantunya dengan menggerakan anggota badan yang divaksin secara perlahan sebagai bentuk peregangan.

Gunakan Pakaian yang Aman

Seusai vaksin, bekas suntikan biasanya diberi kapas untuk menghentikan pendarahan dan menghindari infeksi. Pakaian anak yang menutupi luka akan menyebabkan luka tergesek dan menjadi lebih sakit, bahkan bisa menyebabkan iritasi. Sebaiknya gunakan pakaian yang tidak mengganggu bekas suntikan.

Konsultasikan pada Dokter

Reaksi tubuh anak setelah divaksin memang terkadang berbeda-beda, secara umum biasanya anak akan mengalami demam. Namun tidak perlu panik, berikan obat penurun panas sesuai anjuran dokter. Apabila mengalami reaksi yang lain bisa langsung konsultasikan pada dokter.

Untuk meminimalisir efek samping setelah imunisasi vaksin, pastikan juga anak sedang dalam kondisi sehat. Jika anak memiliki alergi obat atau makanan langsung sampaikan pada dokter.

Itulah beberapa tips bagi orang tua untuk membantu anak mengurangi rasa nyeri setelah imunisasi. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba!

(Annisaa/EB).

Related Articles

Back to top button