Kabar Indonesia

Tips Antisipasi Server Down sscn.bkn.go.id Saat Daftar CPNS 2019

ENERGIBANGSA.ID – Pendaftaran CPNS 2019 telah resmi dibuka serentak di seluruh Indonesia kemarin Senin (11/11/2019), Badan Kepegawaian Negara (BKN) membagikan tips pada para Calon Pegawai Negeri Sipil yang akan mendaftar untuk mengantisipasi dari lonjakan trafik atau website down saat mendaftar dari situs sscn.bkn.go.id yang sudah bisa diakses.

Tahun ini total formasi yang dibuka sebanyak 152.286 dengan rincian, instansi pusat sebanyak 37.425 formasi pada 68 K/L dan instansi daerah 114.861 formasi pada 462 Pemerintah Daerah. Pemerintah telah menyiapkan posisi bagi para pendaftar dengan porsi yang berbeda di setiap daerahnya.

Plt Kepala Biro Humas BKN Paryono mengatakan kata kunci untuk mencegah lambatnya situs adalah ‘lebih cepat lebih baik’. Ia mengatakan pada awal-awal pembukaan situs, peserta belum banyak yang mengakses situs.

“Kalau daftar di awal itu biasanya trafik masih lumayan lancar. Tapi kalau sudah di akhir-akhir pendaftaran itu kalau semua orang masuk itu kan lambat,” kata Paryono, mengutip CNNIndonesia.com

Paryono juga menghimbau untuk segera mendaftarkan diri sebelum mendekati tanggal berakhirnya yang ditentukan karena jika mendaftarnya semakin mendekati tanggal penutupan 24 November akan lebih banyak lagi yang menyerbu situs.

Melihat pengalaman dari tahun-tahun lalu server situs BKN masih dengan treatment yang sama, pihaknya menilai peserta yang mengakses situs tersebut mengakali webasite down dengan mengunjungi situs pada waktu tengah malam. Kemudian, untuk memperlancar proses mendaftar bisa mempersiapkan file dengan ukuran yang kecil.

Antisipasi Server Lonjakan Trafik CPNS 2019

Lonjakan trafik CPNS pada server yang tidak dapat diprediksi memang perlu diantisipasi. Paryono mengklaim telah mempersiapkan server BKN untuk menampung trefik para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Situs seleksi CPNS 2019 sudah bisa diakses mulai pukul 23.11 WIB, Senin (11/11).

Plt Kepala Biro Humas BKN Paryono mengatakan BKN telah meningkatkan kapasitas penyimpanan dan bandwidth server BKN untuk mengantisipasi lonjakan trefik para CPNS.

“Ini sudah kami lakukan antisipasi, Kami sudah tingkatkan penyimpanan upload kemudian ketika nanti ada upload storage sudah kami naikkan jadi 5 TB,” ujar Paryono melalui media yang sama.

Paryono juga mengatakan BKN telah meningkatkan kapasitas bandwidth sejak situs sscasn.bkn.go.id. dibuka pada Senin. Sejak hari pertama pembukaan CPNS Senin (11/11/2019), bandwidth yang awalnya 2 gb kembali di naikkan menjadi 5 gb setelah BKN meninjau ada 20 ribu orang yang mengakses.

Bersamaan dengan hal itu, BKN bekerja sama denga Telkom untuk mengamankan kapasitas bandwidth apabila dibutuhkan yang lebih besar.

Nah bagi Sobat Energi yang akan mendaftar CPNS tidak perlu khawatir lagi karena BKN akan memberikan pelayanan senyaman mungkin untuk kalian saat mengakses situs resmi sscn.bkn.go.id. Catat tanggal jangka waktu pendaftarannya mulai 11 November 2019 sampai 24 November 2019.

Related Articles

Back to top button