fbpx
Gaya Hidup

Tips Alokasi Bantuan Rp 600 Ribu Supaya Tidak Cepat Habis!

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Pegawai swasta yang gajinya dibawah Rp 5.000.000 akan dibantu oleh Pemerintah melalui Bantuan Rp 600 Ribu.

Bantuan tersebut akan mulai dibagikan pada September 2020. Bantuan tersebut dicarikan 2 bulan sekali sehingga pegawai akan menerima uang sebesar Rp 1,2 Juta saat sekali pencairan.

Eko Endarto, Perencana Keuangan Finansia Consulting menilai cukup atau tidaknya Bantuan Rp 600 Ribu tersebut tergantung dengan kondisi penerima.

“Kalau misalnya mereka masih gajian mestinya tambahan tersebut sangat membantu. Karena mereka dapat tambahan penghasilan, sehingga mereka bisa mengkonsumsi lebih banyak, bisa mengurangi utang, bisa investasi, dan seterusnya” paparnya.

“Sedangkan untuk mereka yang sudah dikurangi atau kehilangan penghasilannya, sebenarnya ini hanya cuma mengganti kebiasaan mereka ataupun pengeluaran tiap bulannya” ungkap Eko.

Terdapat pos pengeluaran yang harus diprioritaskan yakni pastinya kebutuhan hidup sehari-hari.

“Yang pertama adalah mereka harus mengalokasikan uang tersebut sesuai dengan prioritas utama mereka”, paparnya.

“Sedangkan yang kedua, kalua bisa untuk mengurai utang nah kalua lebih baru bicara investasi. Jadi kebutuhan hidup terlebih dulu” Tambahnya.

Lalu ia mnegungkapkan uang tersebut sebaiknya tidak untuk membeli sesuatu yang sebenarnya bisa ditunda, misalnya seperti membeli sepeda karena sekarang lagi musim. (dhanti/EB/detikcom)

Related Articles

Back to top button