Opini / Gagasan

Tips Agar Bisnis Anda Mudah Dikenal, Bahkan Menjadi Viral!

Oleh : Nadiatul Khasanah

ENERGIBANGSA.ID ̶ Mau bisnis anda mudah dikenal banyak orang atau bahkan mendadak menjadi viral.

Bagi sebagian orang mungkin belum mengetahui caranya. Berikut, beberapa tips mudah agar bisnis anda viral.

Beri Merk atau Nama Unik

Tidak hanya sebagai penentu strategis dan keramaian sebagai alasan tempat anda berbisnis, namun juga dapat dijadikan sebagai penentu pemilihan nama yang unik dan menarik.

Misalnya bisnis anda bertempat di kawasan pemakaman dari sinilah nama-nama unik yang mampu anda ciptakan untuk produk anda, contohnya: es pocong, es tuyul, es genderuwo, mie level setan, mie level iblis dan lain sebagainya.

Jika ada sesuatu yang unik dari bisnis anda pasti akan membuat orang penasaran dengan produk anda.

Dari sinilah keunikan yang menjadi perbincangan orang dari mulut ke mulut hingga viral dan orang akan penasaran dan membeli produk anda.

Kalau viral pasti bisnis anda akan ramai pengunjung bahkan menarik pelanggan tetap.

Ada Cerita Unik di Balik Bisnis yang Dirintis

Dibalik citra rasa yang enak dan lezat atau produk yang bagus dari produk yang anda ciptakan memiliki ketertarikan pelanggan melalui cerita menarik dibalik terciptanya produk anda.

Misalnya dalam perjalanan anda merintis bisnis tersebut memiliki cerita yang menarik hingga sampai saat ini.

Melalui kisah atau cerita tersebut dapat anda susun menjadi sebuah kalimat yang apik dan dapat anda share ke website, agar calon pembeli tertarik dengan cerita anda dan penasaran dengan produk anda.

Kemasan Produk Menarik

Sebetulnya untuk urusan packeging sangat subjektif, namun kembali lagi dengan selera masing-masing orang.

Bila produk anda dikemas dengan menggunakan kemasan yang menarik, maka mampu mempengaruhi minat pembeli.

Berdasarkan segi pengemasan anda perlu memperhatikan warna, jenis kemasan, logo, dan tulisan apa saja yang terdapat pada produk kemasan anda.

Buatlah semenarik mungkin dan perhatikan bahwa poin ini juga penting agar anda tidak asal-asalan dalam mengemas produk. Juga menjadikan produk anda akan tetap aman sampai ditangan konsumen.

Promosikan di Media Sosial 

Perhatikan bahwa kekuatan media sosial menjadi salah satu wadah promosi online yang sedang digandrungi oleh para pelaku usaha. Anda mampu memasarkan produk atau jasa anda melalui media sosial, seperti Facebook, Instagram, Tik-Tok Shop dan lain sebagainya.

Promosikan secara rutin dengan menggunakan caption yang menarik agar produk anda semakin viral. Perhatikan waktu promosi agar produk anda mendapatkan banyak viewers.

Selanjutnya anda bisa merekrut satu orang untuk memegang media sosial bisnis anda agar fokus pada promosi bisnis anda.

Adakan Promo

Untuk lebih cepat viral anda dapat mengadakan promo dalam bentuk apa pun, demi mengundang viewers dan followers akun media sosial anda. Promo bisa berupa diskon atau potongan harga, buy 1 get 1, cashback atau lain sebagainya.

Cara ini cukup efektif dan efisien demi menarik calon konsumen.

Tidak perlu takut rugi. Sebuah promosi sangat lumrah dilakukan oleh seorang pengusaha, apalagi diawal merintis  sebuah bisnis. Jika strategi promosinya tepat anda akan untung, dan produk anda akan cepat dikenal masyarakat, penjualan pun akan meningkat.

Tingkatkan Review

Tips selanjutnya agar bisnismu viral adalah dengan meningkatkan jumlah review produk.

Mintalah konsumen mengisi semacam review baik secara offline maupun online. Jika mendapatkan sebuah kritik atau saran, anda bisa langsung mengevaluasi dan memperbaikinya.

Bila review bagus, maka pertahankan apa yang telah anda berikan ke konsumen.

Hindari pemalsuan review suatu produk. Bila ketahuan memalsukan review, maka konsumen tidak akan percaya lagi dengan produk yang anda jual.

Untuk membuat bisnis menjadi viral, tidak melulu memerlukan dana yang besar dengan menyewa artis atau youtuber.

Pakailah cara sederhana dulu, misalnya promosi di media sosial pribadi. Jika belum sesuai target, baru anda dapat memaksimalkan modal untuk menggunakan cara lainnya.

*Nadiatul Khasanah, Mahasiswa FE Manajemen Univ Wahid Hasyim

Related Articles

Back to top button