fbpx
Kabar Daerah

Tinjau Lokasi Bencana Purworejo, Begini Pesan Bupati Agus Bastian

PURWOREJO, energibangsa.id—Bupati dan Wakil Bupati Purworejo berbagi tugas meninjau bencana banjir di wilayahnya, Rabu (10/02/2021).

Bupati RH Agus Bastian SE MM meninjau banjir di Kecamatan Ngombol, sedangkan Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH meninjau banjir di Kacamatan Pituruh.

Dalam kesempatan itu Bupati maupun Wakil Bupati menyerahkan bantuan sembako, serta menyempatkan waktu untuk berdialog dengan warga yang mengungsi.

Pesan Bupati

Bupati Purworejo meminta warga agar tetep selalu waspada dan berhati-hati, karena curah hujan sangat tinggi.

“Meskipun dilanda bencana dan sebagian harus mengungsi, saya minta warga tetap mematuhi protokol kesehatan yakni 5M,” pesannya.

Banjir di sejumlah wilayah di Kabupaten Purworejo terjadi akibat hujan yang turun tanpa henti sejak Selasa (09/02/2021).

Di Kecamatan Ngombol, beberapa desa terendam banjir, yaitu Desa Wingkosanggrahan, Desa Kaliwungu Kidul dan Desa Laban.

Kondisi terparah di Desa Wingkosanggrahan  RT 1, 2 dan 3, dimana sekitar 200 KK rumah terendam air dan terisolasi.

Forkopimcam dan BPBD segera menyiapkan dapur umum di balai Desa Wingkosanggrahan.

Pemerintah juga memberikan bantuan bagi Desa Wingkosangrahan berupa beras 60 kg, tahu 500 buah dan roti untuk anak anak 6 paket .

Bencana Purworejo

Sementara di Kecamatan Pituruh, banjir disebabkan meluapnya Sungai Lesung. Air membanjiri perkampungan warga di Desa Brengkol, dengan tinggi genangan air antara 80-150 cm.


Meski banjir mulai berangsur surut pada pukul ±21.30 WIB,  namun warga masih mengungsi ke tetangga sekitar. Pemerintah mendirikan dapur umum di Balai Desa Brengkol untuk kebutuhan konsumsi pengungsi.

Selain banjir,  juga terjadi tanah longsor di Desa Kaligondang, Desa Sawangan dan Desa Wonosido Kecamatan Pituruh. Tidak ada korban jiwa dari kejadian bencana alam tersebut. (*)

Related Articles

Back to top button