Tingkatkan Daya Saing Perikanan, Pemerintah Lanjutkan Program Smart Fish (Foto: Kontan)
Tingkatkan Daya Saing Perikanan, Pemerintah Lanjutkan Program Smart Fish (Foto: Kontan)
InternasionalKabar IndonesiaNasional

Tingkatkan Daya Saing Perikanan, Pemerintah Lanjutkan Program Smart Fish

0

ENERGIBANGSA.ID – Kerja sama program Smart Fish kembali diperpanjang hingga periode kedua pada tahun 2019-2022.

Hal ini dilakukan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Kedutaan Besar Swiss dan Organisasi Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNIDO).

Program ini diyakini oleh pemerintah mampu untuk meningkatkan akses pasar produk perikanan Indonesia melalui peningkatan kepatuhan terhadap standar mutu internasional.

Selain itu, Smart Fish dapat juga menekan biaya produksi sektor perikanan nasional. Sehingga produk perikanan Indonesia tidak hanya dinikmati oleh pasar domestik maupun ekspor. Lebih dari itu, dapat juga memberikan keuntungan bagi pembudidaya ikan.

Data yang diperoleh energibangsa.id menunjukkan bahwa program ini telah berdampak positif bagi sekitar 6.000 pemangku kepentingan. Diantaranya seperti masyarakat umum, pihak swasta, dan pemerintah di 37 kota/kabupaten yang tersebar di 16 provinsi Indonesia.

“Program Smart Fish telah membantu mewujudkan pengembangan sektor perikanan nasional. Terutama untuk tiga rantai nilai komoditas seperti rumput laut, pangasius, dan P&L (pole and line) tuna. Oleh karenanya, program ini kami perpanjang,” jelas Sekretaris Jenderal KKP Nilanto Perbowo mengutip dari kompas.com, Jumat (5/7/2019).

Sejalan dengan penilaian KKP, Pemerintah Swiss pun memberikan sambutan yang postif dengan kerja sama ini. Melalui Duta Besar Swiss, Kurt Kunz mengatakan Pemerintah Swiss mengatakan akan melanjutkan dukungannya pada program Smart Fish. Mengingat pada periode sebelumnya program ini telah berjalan dengan memuaskan.

Sejatinya laut Indonesia dapat berkontribusi besar bagi perekonomian melalui pendapatan dari sektor pariwisata dan perikanan jika dikelola dengan baik.

Hal ini turut didukung oleh pernyataan Bank Dunia yang mengungkapkan pentingnya ekonomi maritim bagi pembangunan ekonomi Indonesia dan pertumbuhan berkelanjutan.

Oleh karena itu kerja sama internasional layak disambut dengan baik oleh seluruh pihak. Dengan mengoptimalkan energi dan potensi dari produk perikanan dalam negeri, maka dapat memperkuat perekonomian Indonesia.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Terapkan Tourism 4.0, Pemerintah Fokus Sumber Daya Manusia

Previous article

Revisi Tata Ruang Wilayah Sering Terhambat, Begini Ide Politisi Golkar agar Prosesnya Cepat

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.