Energi MudaTeknologi

Tim Gamaforce UGM Raih Juara Tiga di Ajang Teknofest Fighter UAV Turki

ENERGIBANGSA.ID – Mahasiwa Indonesia kembali lagi mencetak pretasi dan mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.

September lalu, mahasiswa Universitas Gadjah Mada berhasil menciptakan robot terbang, Ashwincarra. Berkat robot terbang hasil karya mereka tersebut, tim Gamaforce (Gadjah Mada Flying Object Research Center) berhasil meraih juara 3 di ajang Teknofest Fighter Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Competition yang di gelar di Istanbul, Turki.

Untuk bisa melayu dalam kompetisi di Turki, robot Ashwincarra harus bersaing dengan 280 tim lain dari beberapa negara dalam berbagai rangkaian seleksi. Sampai akhirnya lolos dan terbang ke Turki untuk mengikuti kompetisi UAV. Ashwincarra yang masuk kategori pesawat UAV fixed wing juga telah dilengkapi dengan teknologi artificial intelligence (AI).

Kemenangan yang diraih Tim Gamaforce di UAV bukan kemenangan pertama mereka. Sebelumnya Tim Gamaforce telah meraih gelar juara umum dalam 4 kategori lomba pada kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), yaitu Kontes Robot Terbang Indonesia.

Kasubdit Kreativitas Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Suherman menjelaskan bahwa prestasi Tim Gamaforce merupakan hasil dari kerja keras tim mahasiswa dan dukungan dari seluruh dosen pembimbing serta fakultas dan universitas.

Beliau juga menambahkan bahwa pencapaian Tim Gamaforce mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Dimana ditahun 2018 UGM tidak masuk dalam 3 besar. Dengan pencapaian ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk terus berkreasi dan berinovasi.

Melihat makin banyak anak muda Indonesia yang berinovasi dan menciptakan beragam jenis robot yang keren, salah satunya seperti Tim Gamaforce, bagaimana dengan Sobat Energi ? Tertarikkah Sobat Energi berinovasi menciptakan robot-robot lain ?

Related Articles

Back to top button