fbpx
PendidikanPojok Bangsa

Tim Dosen UDINUS Lakukan Pengabdian Masyarakat dengan Bangun Sistem E-Commerce untuk UMKM Desa Sambongrejo Tunjungan Blora

ENERGIBANGSA.ID, BLORA – Masa pandemi virus Corona atau covid-19 telah mengakibatkan sebagian besar kegiatan usaha di Indonesia mengalami kemunduran. Ekonomi masyarakat dan pada pelaku usaha diakui sangat lesu beberapa bulan terakhir sejak adanya wabah virus dengan penyebaran sangat cepat.

Berbagai produk yang dimiliki desa kadang belum dikenal oleh masyarakat luas, baik jenisnya, penjualannya yang masih lokal, belum memanfaatkan media online untuk pemasaran dan penjualan.

sehingga sangat dibutuhkan media yang dapat mengatasi hal tersebut, permasalahan ini dapat diselesaikan salah satunya dengan membuat e-commerce UMKM desa.

Desa Sambongrejo, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora merupakan satu desa yang termasuk desa merah di Kabupaten Blora yang ikut dalam desa yang ditempati sarjana dalam Program Pengembangan Kepedulian dan Kepeloporan Pemuda (PKKP) tahun 2021 dimana salah satu tugas penempatan di desa melakukan pendampingan usaha kelompok pemuda dalam mengembangkan suatu usaha yang sedang dan sudah dirintis.

Tim Dosen UDINUS Lakukan Pengabdian Masyarakat dengan Bangun Sistem E-Commerce untuk UMKM Desa Sambongrejo Tunjungan Blora

Melakukan pembimbingan, dan membantu dalam membentuk usaha kelompok pemuda yang dapat menjadi mandiri, salah satu programnya adalah membantu Desa Sambungrejo dalam membangun e-commerce untuk memasarkan produk yang sudah dihasilkan oleh warga desa.

Berbagai produk yang dimiliki desa kadang belum dikenal oleh masyarakat luas, baik jenisnya, penjualannya yang masih local yaitu ke pasar maupun agen/took yang masih seputar desa atau paling luas dalam satu kabupaten/kota, belum memanfaatkan media online untuk pemaasaran dan penjualan.

UMKM desa selain masalah modal kerja tentunya adalah belum dikelola secara maksimal termasuk di dalamnya belum optimal dalam melakukan promosi dan penjualan hasil UMKM di desa.

Sehingga tim dosen merasa sangat dibutuhkan sebuah media yang dapat mengatasi hal tersebut, permasalahan ini dapat diselesaikan salah satunya dengan membuat website e-commerce untuk UMKM desa.

Universitas Dian Nuswantoro sebagai perguruan tinggi yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi menjalin kerjasama dalam melakukan program pengabdian kepada masyarakat secara berkesinambungan melalui sumber daya yang dimiliki yaitu dosen dan mahasiswa.

Sebagai wujud tri dharma perguruan tinggi membantu membangun website e-commerce UMKM desa Sambongrejo, Kec. Tunjungan, Kab. Blora yang mampu meningkatkan promosi produk, penjualan produk sehingga dapat meningkatkan produksi dan kesejahteraan masyarakat desa.

Tim Dosen UDINUS Lakukan Pengabdian Masyarakat dengan Bangun Sistem E-Commerce untuk UMKM Desa Sambongrejo Tunjungan Blora

Program ini di laksanakan pada tanggal 15 Desember 2021 di Balai idesa Sambungrejo Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora adapun tim dosen Fakultas Ilmu komputer Universitas Dian Nuswantoro yang terdiri dari dosen dari prodi TI, SI dan Ilmu komunikasi yang diketuai oleh Yupie Kusumawati, SE, M.Kom.

Melakukan pengabdian masyarakat ini dalam bentuk pendampingan dan pengembangan website e-commerce UMKM desa Sambongrejo, Kec. Tunjungan, Kab. Blora yang mampu meningkatkan promosi produk, penjualan produk sehingga dapat meningkatkan produksi dan kesejahteraan masyarakat desa.

Related Articles

Back to top button