Tidak Lolos SBMPTN 2019? Daftar di Kampus Swasta Terbaik Ini Saja! (Foto: Tribunnews)
Tidak Lolos SBMPTN 2019? Daftar di Kampus Swasta Terbaik Ini Saja!
Pendidikan

Tidak Lolos SBMPTN 2019? Daftar di Kampus Swasta Terbaik Ini Saja!

1

ENERGIBANGSA.ID – Para lulusan SMA dan SMK dari seluruh Indonesia nampaknya kini tengah mengalami ketegangan massal. Pasalnya hari ini, Selasa (9/7/2019) telah diumumkan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 pada pukul 15.00 WIB.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), jumlah pendaftar SBMPTN 2019 kian membludak. Rinciannya meliputi 360.328 pendaftar Saintek, 345.896 pendaftar Soshum, dan 8.427 pendaftar Saintek/Soshum.

Sesuai dengan namanya yaitu seleksi, maka pastinya akan ada yang lolos dan tidak lolos. Untuk Sobat Energi yang belum berhasil memasuki kampus negeri impiannya, jangan bersedih hati. Perguruan tinggi swasta di Indonesia tidak kalah bagusnya, lho.

[Baca juga : 9 Kampus Indonesia Masuk QS World University Rankings, Kampusmu Ada? ]

Berikut Tim Energi Bangsa rangkumkan 10 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia versi Kemristekdikti.

Universitas Islam Indonesia

Peringkat pertama ditempati oleh kampus yang memiliki delapan fakultas ini. Meskipun Universitas Islam Indonesia (UII) memiliki nama yang lekat dengan suatu agama tertentu, namun program studi yang ditawarkan tidak hanya seputar ilmu ke-Islaman saja.

Untuk Sobat Energi yang ingin menjadi arsitek, apoteker, atau akuntan, jangan ragu untuk mendaftar di kampus ini. Beberapa program studi tersebut telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta

View this post on Instagram

[SELAMAT BERJUANG DELEGASI 11th NELSON MANDELA WORLD HUMAN RIGHTS MOOT COURT COMPETITION] Berikan dukungan dan doa kalian untuk tim Atma Jaya Moot Court Guild (AMG) Fakultas Hukum Unika Atma Jaya pada ajang 11th Nelson Mandela World Human Rights Moot Court Competition di Palais des Nations Geneva, Switzerland tanggal 15-19 Juli 2019 dengan delegasi: 1. Angga Reynady Hermawan Putra (FH 2017) 2. Leonardo Juan Giranko (FH 2017) 3. Tania Rahel Lumongga Hutapea (FH 2017) Coaches: 1. Aditya Wirapradhana Tumakaka, S.H., J.D. 2. Christian Donny Putranto, S.H., LL.M. 3. Jane Aileen Tedjaseputra, S.H., LL.M. Semoga delegasi dapat membawa kemenangan dan mengharumkan nama Unika Atma Jaya! . . . #BanggaAtma #UnikaAtmaJaya #UAJ #KampusFavorit

A post shared by Unika Atma Jaya (@unikaatmajaya) on

Peringkat kedua disusul oleh Universitas Katolik (Unika) Atma Jaya Jakarta. Kampus yang berada di kawasan Semanggi ini juga turut mendukung perkembangan teknologi dengan adanya kampus digital.

Unika Atma Jaya Jakarta didukung oleh tenaga pengajar yang kompeten sehingga mencetak lulusan-lulusan yang berkualitas. Tercatat kampus ini akan memberangkatkan delegasi mahasiswa untuk mengikuti 11th Nelson Mandela World Human Rights Moot Court Competition di Palais des Nations Geneva, Switzerland tanggal 15-19 Juli 2019. Bahkan sama seperti Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Unika Atma Jaya juga menawarkan program beasiswa bidik misi untuk mahasiswa yang kurang mampu secara finansial.

Universitas Telkom

Untuk Sobat Energi yang ingin merasakan berkuliah di Kota Terbersih se-Asean, cobalah mendaftar di Universitas Telkom. Kampus ini merupakan gabungan dari empat lembaga pendidikan. Diantaranya Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom).

Jangan minder kuliah di sini, sebab kampus ini mendapat peringkat ketiga sebagai kampus swasta terbaik, lho. Untuk Sobat Energi yang tertarik dengan ilmu teknologi komunikasi, kampus ini adalah pilihan yang tepat.

Universitas Katolik Atma Jaya Yogyakarta

Tak hanya Unika Atma Jaya saja yang masuk jajaran 5 besar kampus swasta terbaik. Namun ternyata kampus dengan nama yang sama di Yogyakarta juga berhasil menyusul di peringkat ke empat.

Awalnya, Unika Atma Jaya Yogyakarta adalah cabang dari kampus Jakarta. Namun pada tahun 1973 kampus ini memisahkan diri dan berada di bawah Yayasan Slamet rijadi sebagai lembaga pendidikan independen.

Universitas Katolik Parahyangan

Selain Universitas Telkom, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) juga menjadi salah satu kampus swasta favorit banyak calon mahasiswa. Hal ini lumrah saja karena Unpar selalu berkomitmen dan berupaya mencetak mahasiswa yang berprestasi. Upaya itu lantas mengantarkan Unpar meraih posisi kelima sebagai kampus swasta terbaik versi Kemristekdikti.

Sobat Energi yang tertarik menjadi ekonom yang andal, bisa mendaftar di Fakultas Ekonomi. Program studi ilmu ekonomi adalah salah satu unggulan kampus yang terkenal memiliki banyak mahasiswa artis ini.

Nah, sekarang sudah ada referensi kan mau kuliah di mana. Jangan patah semangat meskipun tidak berkuliah di kampus negeri, sebab kampus swasta juga tidak kalah bagusnya, kok. Yang terpenting adalah bagaimana Sobat Energi menempa diri menjadi lebih berkualitas dan mengimplementasikan ilmu yang diperoleh.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Tepat Hari Ini, 43 tahun Sejarah Satelit Indonesia Dimulai

Previous article

Peserta MXGP Of Asia Puji Sirkuit BSB Mijen Semarang

Next article

You may also like

1 Comment

  1. […] Baca juga : Tidak Lolos SBMPTN 2019? Daftar di Kampus Swasta Terbaik Ini Saja! […]

Comments are closed.

More in Pendidikan