fbpx
KesehatanRagam Bangsa

Dear Milenials, Kurangi Mengeluh Tentang Pekerjaan, Tidak Baik Untuk Kesehatan

ENERGIBANGSA.ID – Selain menjadi Sobat Energi, apakah kalian juga menyandang gelar sebagai Sobat Sambat?

Jika ya, mari kita bergandengan tangan dan membuat paguyuban.

Saya juga tipikal orang yang sangat sering sambat (mengeluh) dalam segala aspek kehidupan, salah satunya pekerjaan. Meski sedikit melegakan, tapi setelah membaca artikel ini saya harap Sobat Energi mulai menghentikan kebiasaan mengeluh tentang pekerjaan, ya.

Penelitian yang dirangkum dalam Jurnal Penelitian Kerja dan Organisasi mencoba menelaah hal ini lebih dalam. Para peneliti meminta 112 karyawan untuk membuat catatan harian pekerjaan selama tiga hari berturut-turut.

Pada setiap akhir hari, responden diminta untuk menuliskan keluh kesahnya dalam bekerja. Hal-hal seperti seberapa besar mereka memikirkan situasi buruk yang menimpa mereka di tempat kerja dan bagaimana mereka membesar-besarkan masalah sepele.

Responden juga diminta mencatat suasana hati selama bekerja dan menuliskan pengalaman menyebalkan pada hari itu sekaligus memberikan rating seberapa buruk hari yang dilalui ketika bekerja.

Semakin banyak mengeluh, membesar-besarkan masalah sepele, dan fokus pada hal yang buruk di kantor dapat menghasilkan pengalaman negatif yang dirasakan oleh responden.

Responden menyatakan bahwa suasana hati mereka lebih buruk, tidak puas pada pekerjaan, dan kurang bangga pada pekerjaan saat dilakukan penelitian itu. Dan ternyata hal tersebut berpengaruh pada hari-hari berikutnya.

Hal ini menandakan bahwa mengeluh tidak hanya dapat merusak hari namun juga membawa efek domino pada aspek-aspek lain seperti tingkat kebahagiaan dalam bekerja.

Sementara ketika kita tidak banyak mengeluh tentang pekerjaan, merasa nyaman dalam bekerja, puas dalam bekerja dapat membuat kita lebih bersemangat menjalani kerja keesokan harinya.

Peneliti dari BPS Research Digest mengatakan kebiasaan mengeluh dalam pekerjaan dan membagikannya dengan rekan kerja dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh. Saling berbagi “sampah” ini dikhawatirkan dapat membawa pengaruh negatif pada diri sendiri maupun orang lain.

Maka dari itu, mulai sekarang hentikan kebiasaan sambat yuk. Lebih baik kita perbanyak bersyukur dan menyebarkan energi bangsa yang menuai bahagia.

Related Articles

Back to top button