Kabar Indonesia

The Putato Rice Kreasi Mahasiswa Undip Raih Medali Emas dalam Ajang IIIC 2019

ENERGIBANGSA.ID – Sudah banyak prestasi akademik dan non akademik yang ditorehkan oleh mahasiswa Undip hingga sampai ke kancah internasional dengan terus meningkatkan inovasi kreatif yang berguna untuk masyarakat.

Siapa yang tidak mengenal undip? Universitas Diponegoro cukup terkenal karena merupakan perguruan tinggi negeri unggulan yang terletak di Kota Semarang bahkan sebagian masyarakat ingin dapat melanjutkan kuliah di kampus keren ini.

Dengan selalu memberikan fasilitas dan kualitas yang baik, tidak heran banyak mahasiswa yang tidak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk berani bereksperimen dan berinovatif menciptakan sebuah karya yang membanggakan, bahkan menjadi inspirasi bagi sebagian orang.

Baru-baru ini tim peneliti muda dari Undip Semarang yang terdiri dari 3 orang yang berbeda jurusan namun bersatu yakni Annisa Istiqomah (Fakultas Peternakan dan Pertanian Program Studi Teknologi Pangan), Ade Aisyah Arifna Putri (Fakultas Teknik Program Studi Teknik Industri), dan Akhbarani (Fakultas Ekonomika dan Bisnis Program Studi Ekonomi).

Ketiga mahasiswa tersebut berhasil meraih mendali emas dalam ajang IIIC 2019 (International Innovation and Invention Competition) yang diikuti dari beberapa negara dan diselenggarakan pada 14 November 2019 di Taipe, Taiwan. Yang meliputi beberapa bidang mulai dari kategori inovasi yang memperhatikan lingkungan sekitar, energi, kesehatan, teknologi, dan intelligent living technology.

Ajang IIIC 2019 diadakan oleh Chinse Innovation and Invention Society dengan Moscow International Invention and Innovation Innovative Technology dan International Federation of Inventor’s Associations.

Dengan menampilkan sebuah penelitian mengenai beras analog antidiabetes yang terbuat memadukan umbi talas dan umbi jalar ungu secara teknik ekstrusi dengan memberikan tekanan pada cetakan dan menggunakan alat ekstruder yang diberi nama The Putato Rice atau The Purple Taro and Sweet Potato Rice.

Seperti yang diketahui, bahwa diabetes memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh dengan menimbulkan beberapa penyakit seperti dapat merusak pembulu darah, merusak saraf, gagal ginjal, jantung bahkan juga mempengaruhi pada kesehatan kulit dan penyakit lain sebagainya.

Dilansir dari beritasatu.com Namun setelah melakukan uji coba, ternyata The Putato Rice ini dapat menurunkan kadar gula darah tikus wistar dalam kurun waktu 2 minggu karena di dalamnya mengandung indeks glikemik rendah yang mampu menghambat proses pemecahan pati menjadi glukosa oleh enzim alfaglukosidase sehingga meminimalisirkan dampak penumpukan gula darah yang menjadi awal pemicu munculnya komplikasi penderita diabetes dan hiperglikemia atau kondisi tingginya gula darah dalam tubuh di atas normalnya.

Sehingga tidak heran jika The Putato Rice atau The Purple Taro and Sweet Potato Rice layak menjadi juara karena sangat membantu masyarakat untuk mengurangi masalah diabetes atau kadar gula darah yang berlebihan. Untuk itu, Sobat Energi bisa menjadikan contoh bahwa usia muda bukanlah menjadi penghalang dalam berinovasi dan berkreativitas menghasilkan sebuah produk atau karya yang bisa bermanfaat dan membanggakan.

Related Articles

Back to top button