fbpx
Daerah

Tes SWAB Jadi Syarat Pendaftaran Pilkada 2020 Kabupaten Semarang

ENERGIBANGSA.ID (Kabupaten Semarang) –Menjelang tahapan pendaftaran pasangan calon (Paslon) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)serentak 2020 yang diadakan di tengah pandemi COVID-19, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Semarang mewajibkan setiap pasangan bakal calon (balon) melakukan uji usap (SWAB Test) sebelum mendaftarkan diri mereka.

Ketua KPU Kabupaten Semarang Maskup Asyadi mengatakan selain kelengkapan berkas pendaftaran Paslon yang hendak bertarung dalam Pilkada Serentak 2020 juga diwajibkan memenuhi syarat lain yakni terbebas dari virus Corona.

Hal tersebut menjadi salah satu syarat yang diwajibkan dalam revisi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 tahun 2020.

Terkait teknis tes SWAB atau PCR, menurut Maskup,  sesuai revisi draf PKPU nomor 6 tahun 2020 yang nantinya akan difasilitasi oleh KPU.

Itu tidak lain untuk menghindari adanya dugaan pemalsuan hasil tes swab negatif dari beberapa pihak.

Dirinya menjelaskan berdasar revisi PKPU tersebut sudah dilakukan komunikasi dan sosialisasi dengan partai politik .

“Partai-partai juga sudah mengetahui mengenai perubahan dan adanya syarat tambahan bahwa pasangan bakal calon wajib menyertakan hasil uji tes PCR dan swab,” paparnya.

Partai yang akan mengusung pasangan calon, , harus membawa hasil uji lab bebas COVID-19 saat melakukan pendaftaran ke KPU. Hasil dari pemeriksaan tersebut selanjutnya menjadi berkas pendaftaran

“Prosesnya, mereka meminta surat rekomendasi dari KPU Kabupaten Semarang untuk dilakukan pemeriksaan ke RSUP. Kariadi Semarang,” kata Maskup.

Ia menambahkan, ketika memasuki tahapan pendaftaran Paslon karena masih dalam masa pandemi virus Corona juga dilarang membawa banyak massa guna menghindari terjadinya kerumunan.

Pendukung pasangan calon juga dibatasi hanya 15 orang. Massa pendukung hanya dapat menyaksikan prosesi lewat siaran langsung di akun media sosial KPU.

“Cukup perwakilan partai politik pengusung dan para Paslon,” ujarnya dilansir dari Tribunnews.com.

Saat ini tahapan Pilkada serentak 2020 sudah memasuki sosialisasi pembukaan pendaftaran, mulai 28 Agustus hingga 3 September 2020. Sedangkan untuk pendaftaran dimulai 4-6 September 2020 mendatang. (Gilban/EB)

Related Articles

Back to top button