fbpx
Wisata & Kuliner

Ternyata Jateng Punya Vihara dengan Pagoda Tertinggi se-Indonesia!

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Jawa Tengah memang gudangnya destinasi wisata, sob. Selain wisata budaya, panorama alam yang indah, banyak pula destinasi lain yang ngga kalah dengan provinsi lainnya.

Dalam lingkup Kota Semarang, misalnya, tak hanya Klenteng Sam Poo Kong atau Masjid Agung Jawa Tengah saja. Ada satu tempat wisata religi untuk umum di daerah atas Kota Semarang yang bisa dikunjungi yakni Vihara Buddhagaya Watu Gong.

Vihara Buddhagaya Watu Gong, Jalan Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Banyumanik, Semarang

Vihara seluas 2,2 hektare ini berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Banyumanik, Semarang. Kalau sobat energi mau mengunjunginya, lebih tepatnya depan markas Kodam IV Diponegoro.

Nah, memasuki kawasan Vihara terasa sejuk karena berada di kawasan atas Kota Semarang. Pengunjung pun tidak perlu khawatir dengan tempat parkirnya karena cukup luas dan bayarnya pun hanya sukarela. Ingat ya, hanya sukarela.

Tentu, ini berbeda dengan tempat-tempat wisata lain di kota Semarang, sob. Vihara Buddhagaya juga tak memungut harga tiket masuk bagi para pengunjungnya alias gratis. Hal ini diterapkan karena semua pengunjung yang datang ke Vihara dianggap sebagai saudara.

Meski salah satu destinasi yang bisa dibilang instagramable, Vihara yang sebenarnya untuk upacara peribadatan umat Budha justru menawarkan konsep cinta kasih dan persaudaraan. Ini sangat ‘rekomended’, untuk wisata pendidikan dong. Kita perlu belajar nilai-nilai toleransi dari vihara itu.

Sobat energi wajib tahu, di lokasi ini terdapat sebuah batu alam asli yang berbentuk menyerupai Gong berukuran cukup besar. Nama “Gong” sendiri dipakai untuk nama kawasan di sekitar vihara yang oleh warga Semarang biasa disebut “Watugong”.

Pagoda Avalokitesvara terdiri atas 7 tingkat yang menyempit ke atas. Tujuh tingkat ini dimaknai sebagai kesucian yang akan dicapai oleh pertapa.

Pagoda Avalokitesvara yang identik dengan perpaduan warna merah dan kuning khas bangunan Tiongkok ini diresmikan oleh MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia pada tahun 2006.

Di sini juga terdapat gedung yang cukup besar terdiri dari 2 lantai, lantai 1 untuk rapat dan pertemuan, dan lantai atas untuk sembahyang umat Budha dapat menampung kurang lebih 1.000 umat. Gedung ini dikenal dengan nama Gedung Dhamasala.

Banyak sisi-sisi menarik yang dapat dijadikan spot berfoto di kawasan Vihara Buddhagaya Watu Gong ini. Semua unsur di bangunan ini juga memiliki makna, termasuk dinding sekeliling vihara.

Tak hanya itu sob. Dinding vihara juga dihiasi ornamen Paticca Samuppada, yaitu relief yang menceritakan tentang proses hidup manusia dari mulai lahir hingga meninggal dunia.

Nah, menarik kan sob!? Jadi berkunjung ke vihara, kalian semua pasti ‘untung banyak’. Ya wisata, ya belajar. Karena banyak muatan edukatif di dalamnya. Yuk wisata ke Jawa Tengah! (buddy/EB).

Related Articles

Back to top button