fbpx
Gaya Hidup

Ternyata Begini Cara Nyuci Bantal, Pasti Sering Salah Kan?

ENERGIBANGSA.ID — Sobat Energi, bantal empuk yang menemani tidur dan santaimu itu perlu dicuci dengan cara yang benar dan rutin lho. Itu karena bantal merupakan salah satu tempat berkumpulnya kuman-kuman.

Untuk memastikan bantal tetap segar dan bebas kuman, berikut tips mencuci dan merawat bantal yang tepat.

1. Cuci bantal di mesin cuci

Sebagian besar bantal dapat dicuci dengan mesin dan dikeringkan langsung. Gunakan air panas dengan suhu setidaknya 60 derajat celcius untuk membunuh tungau debu

2. Pilih deterjen dengan baik

Jenis deterjen terbaik untuk mencuci bantal adalah sabun yang bebas pewangi. Campur sabun dengan sedikit baking soda.

Selain itu, penting juga untuk mengikuti rekomendasi pencucian yang disampaikan dalam kemasan, jangan lupa membilas detergen dengan baik hingga tidak ada residu yang tertinggal karena hal tersebut menyebabkan penggumpalan dan menimbulkan bau tidak sedap.

3. Pastikan kering sempurna

Pastikan bantal benar-benar kering. Pasalnya, kelembaban hanya akan menimbulkan kembali jamur, bakteri, dan debu yang ingin Anda hindari. Keringkan bantal di mesin pengering dengan pengaturan panas yang rendah.

4. Tidak mencuci lebih dari satu bantal sekaligus

Anda ingin mencuci dan mengeringkan dua bantal sekaligus agar praktis. Namun, berhati-hati-lah untuk tidak memasukkan terlalu banyak bantal sekaligus. Bantal membutuhkan banyak air agar bersih dan banyak ruang untuk benar-benar kering.

Tips Merawat Kebersihan Bantal

Selain dengan mencucinya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat bantal agar tetap bersih. Berikut beberapa tips yang bisa diikuti.

1. Tepuk bantal setiap hari

Luangkan waktu beberapa menit setiap hari untuk menepuk-nepuk tempat tidur dan bantal demi menghilangkan debu serta mengembalikan bentuknya seperti semua setelah dipakai. Baiknya, lakukan hal tersebut sesaat setelah terbangun dari tidur.

2. Bersihkan bantal busa dengan vakum

Bantal busa tidak disarankan untuk dicuci. Alih-alih dicuci, Anda direkomendasikan untuk menaburkan tepung jagung di atas bantal. Diamkan selama 60 menit atau lebih. Kemudian sedot kotoran pada semua sisi secara menyeluruh menggunakan vakum.

3. Ganti bantal setelah dua tahun

Meski pembersihan rutin dapat memperpanjang masa pakai bantal, namun Anda disarankan untuk mengganti bantal setiap dua tahun sekali. Atau, kenali beberapa tanda saat bantal sudah harus diganti. Misalnya, bantal yang terasa menggumpal dan tidak nyaman atau timbul bau dan noda yang tidak dapat dihilangkan meski telah dicuci.

Nah itu dia, tips mencuci dan merawat supaya bantal tetap segar dan bebas kuman. (dhanti/EB/cnnindonesia).

Related Articles

Back to top button