NasionalTeknologi

Tepat Hari Ini, 43 tahun Sejarah Satelit Indonesia Dimulai

ENERGIBANGSA.ID – Tahukah sobat energi jika hari ini merupakan hari bersejarah bagi Indonesia? Atau hari ini diperingati sebagai hari apa?.

Jika sobat energi ada yang belum tahu sejenak bersama mundur kebelakang untuk kembali mengingat peristiwa bersejarah yang terjadi pada hari ini.

Tepat 43 tahun silam, pada tanggal 9 juli 1976, untuk pertama kalinya, bangsa Indonesia meluncurkan satelit pertamanya yang diberi nama Satelit Palapa A-1 ke luar angkasa.

Saat itu, merujuk data yang di himpun tim energibangsa.id, Indonesia menjadi negara pertama di Asia yang mengoperasikan Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD) melalui peluncuran Satelit Palapa A-1.

Selain itu Indonesia juga menjadi negara ketiga di dunia setelah Amerika Setikat dan Kanada yang berhasil mengoperasikan system tersebut.

Hal ini pun membuat Indonesia ketika itu termasuk negara yang dipandang karena kemajuannya.

Proyek satelit palapa sendiri mulai dibangun oleh pemerintah Indonesia di era orde baru. Hal itu dilakukan karena pemerintah menyadari pentingnya distribusi komunikasi di Indonesia sebagai negara kepulauan.

Satelit Palapa dirancang oleh Hughes Aircraft Companya asal Amerika Serikat dengan masa pengerjaan kurang lebih selama 17 bulan.

Para Ilmuan dari Amerika sedang merancang Satelit Palapa A-1. (dok. merdeka)

Satelit Palapa A1 menggunakan teknologi yang sama dengan satelit Anik dan Westar milik Kanada dan Amerika. Dengan teknologi tersebut, Palapa A1 mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Bahkan sinyal nya juga menjangkau beberapa wilayah Asia Tenggara yang meliputi Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Nama Palapa dipilih oleh Soeharto untuk mengenang kebesaran Tanah Air yang bermula dari sumpah Patih Gajah Mada pada zaman kerajaan Majapahit tahun 1334 silam.

“Saya ingat pada sejarah Mahapatih Gajah Mada dulu yang telah bersumpah, tidak akan makan buah Palapa sebelum persatuan dan kesatuan Kerajaan Majapahit menjadi kenyataan,” ucap Presiden Soeharto sebagaimana tertulis dalam buku autobiografinya berjudul Pikiran, Ucapan, dan Tindakan Saya (1989).

Dengan nama tersebut, seoharto menitip harap Indonesia bisa mengulang kembali kejayaannya seperti sejarah bersatunya Nusantara.

Satelit Palapa A1 pertama kali diluncurkan pada 8 Juli 1976 pukul 19.31 waktu Florida, Amerika Serikat atau 9 Juli 1976 pukul 06.31 WIB dari Cape Canaveral Kennedy Space Centre, Florida.

Satelit tersebut diluncurkan menggunakan roket Delta 2914 buatan McDonnal Douglas dan ditempatkan pada orbit geostationer di posisi 83 derajat bujur timur.

Mengutip dari liputan6.com, Palapa A1 menjadi SKSD pertama di Indonesia yang memberikan layanan telepon dan faksimili antarkota di Indonesia. SKSD juga berkembang menjadi infrastruktur utama pendistribusian program televisi nasional.

Peluncuran Satelit Palapa A1 merupakan pencapaian membanggakan bagi Indonesia sebab waktu itu masih sangat sedikit negara di dunia yang sudah memiliki satelit.

“Satelit Palapa merupakan suatu peristiwa nasional yang mempunyai arti besar bagi Indonesia,” tulis Klaus G. Johannsen dalam buku Jalan ke Bogor : Palapa dan Wanita Papua (2004)

Palapa A1 pun menjadi energi bangsa dan tonggak sejarah satelit di Indonesia yang kemudian diikuti dengan satelit-satelit berikutnya.

Dalam perkembangannya, Satelit Palapa mengalami beberapa pergantian, karena tiap satelit memiliki jangka waktu yang terbatas.

Related Articles

Back to top button