Perempuan Bekerja
Ekonomi & BisnisKabar IndonesiaRagam Bangsa

Temuan IFC : Perempuan Berdampak Positif Bagi Kinerja Perusahaan

0

ENERGIBANGSA.ID Internasional Finance Corporation (IFC) menyatakan bahwa perusahaan yang lebih banyak perempuan dalam keanggotan dewannya menunjukkan kinerja keuangan yang lebih baik. Pernyataan organisasi atau lembaga bagian Bank dunia  tersebut berdasarkan dari sebuah penelitian terbaru yang dilakukan olehnya. Penelitian tersebut dilakukan terhadap lebih dari 1.000 perusahaan yang berada di China dan Asia Tenggara.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengatasi kesenjangan utama antara laki-laki dan perempuan guna memberikan solusi pembangunan yang lebih baik dan dapat meningkatkan kesejahteraan serta peluang bagi semua.

Berdasarkan penelitian yang berjudul Keanekaragaman Gender Dewan Perusahaan di ASEAN, menyebutkan perusahaan yang memiliki lebih dari 30 persen anggota dewan perempuan Tingkat Pengembalian Aset (ROA) nya mencapai 3,8 persen.

Angka tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan perusahaan yang tidak memiliki anggota dewan perempuan dengan ROA yang  hanya sebesar 2,4 persen.

Sementara, untuk perusahaan yang memiliki lebih dari 30 persen anggota dewan perempuan nilai Rasio Pengembalian Ekuitas (ROE) mencapai 6,2 persen. Adapun perusahaan yang tidak memilikinya hanya sebesar 4,2 persen.

“Temuan kami menegaskan pentingnya keberadaan keragaman gender yang lebih besar di ruang dewan di Asia. Dengan memanfaatkan potensi besar yang dimiliki oleh para perempuan dalam dunia bisnis, perusahaan-perusahaan Asia dapat menjadi lebih kuat, lebih berkelanjutan, dan lebih menarik dari investor,” papar Vivek Pathak, Direkteru Regional IFC, Asia Timur dan Pasifik, Kamis (27/6) seperti yang dikutip tim energibangsa.id dari liputan6.com

Dari enam negara anggota Asean yang disurvei, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam, laporan tersebut memeperlihatkan keragaman gender terbesar ada di Thailand. Sekitar 20 persen kursi dewan di perusahaan terbuka disana dipegang oleh perempuan. Negara kedua ada Indonesia dan Vietnam yang memliki sekitar 15 persen.

Sementara itu laporan tersebut mencatat bahwa presentase perempuan di keanggota dewan tetap rendah di wilayah tersebut.  Diantara perusahaan-perusahaan Asean yang masuk survei, hampir 40 persen tidak memiliki anggota dewan perempuan, dan hanya 16 persen yang memilikinya dari 30 persen perwakilan perempuan di dewan.

Hal ini disebabkan oleh adanya bias gender yang menganggap bahwa perempuan kurang cocok untuk posisi pucuk pimpinan perusahaan. Meskipun dalam penelitian tersebut jelas menunjukkan bahwa hubungan yang jelas antara jumlah perwakilan perempuan di dewa perusahaan membuat kinerja keuangan menjadi lebih baik

Rista Rustam, Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia, Bursa Efek Indonesia ikut menanggapi penelitian dan persoalan bias gender yang terjadi. Menurutnya, Kasus bisnis terkait keragaman gender di dewan sangat kuat dan tidak hanya mengenai kinerja tetapi juga tata kelola perusahaan, reputasi dan keadilan.

Ia menambahkan melalui bursa saham dapat membantu membuka jalan dengan cara mendorong perusahaan-perusahaan terbuka untuk memiliki langkah-langkah dan target dalam hal keterwakilan gender.

Dari data yang di dapat tim energibangsa.id, laporan IFC ini disusun oleh Economist Intelligence Unit, yang didasari oleh tinjauan luas literatur, analisis data tingkat perusahaan dan wawancara dengan para ahli terkemuka di wilayah tersebut.

Sedangkan untuk dana, penelitian tersebut di danai oleh Umbrella Facility for Gender Equality (UFGE), dana perwalian multi donor dari kelompok Bank Dunia.

Penelitian ini pun lantas menunjukkan bahwa perempuan juga mempunyai peranan penting di dalam perusahaan dan mampu dalam menjalankan peran sebagai pucuk pimpinan tertinggi.

 Selain itu, dengan penelitian tersebut, dapat mematahkan paradigma yang selama ini telah berkembang mengenai  perempuan juga menyadarkan betapa pentinya kesetaraan gender.

Bagaimana sobat energi? Jadi jangan pandang remeh perempuan ya.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Profesi yang Tepat Untuk Pak Prabowo

Previous article

Kilat! Jakarta – Bandung Cuma 36 Menit

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.