fbpx
Wisata & Kuliner

Tempe Kemul Wonosobo, Simak Rahasia Kelezatannya!

Energibangsa.id — Wonosobo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki kuliner khas yang unik. Tempe Kemul! Namanya cukup menggelitik, tapi rasa dan kelezatannya cukup menggoda. Jadi, jangan lewatkan mencicipi tempe kemul khas ‘negeri atas awan’ ya?

Tempe kemul bisa menjadi daya tarik para wisatawan. Hal ini lantaran sejenis gorengan tempe mendoan yang memiliki cita rasa khas, yang disajikan di daerah dengan ketinggian 250 hingga 500 meter di atas permukaan laut. Sejuk, karena berada di lereng Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Tak seperti tempe lainnya, tempe kemul memiliki rahasia di balik kelezatannya. Biar kalian tahu asal usul penamaannya, dijuluki “tempe kemul” karena tampilan tempe yang seperti berselimut (bahasa Jawa: kemulan).

Dilihat dari bentuknya, tempe kemul sebenarnya memiliki kemiripan dengan tempe mendoan. Hanya saja, yang membedakan adalah tempe kemul memiliki lebar tepung yang lebih luas dibanding tempenya. Nah, karena saking luasnya malah jadi mirip seperti selimut deh.

Cara membuatnya

Bagi ‘kaum hawa’ yang bercita-cita ingin membuat tempe kemul tentu harus benar-benar memperhatikan bahan baku yang dibutuhkan. Mulai dari tempe yang harus berkualitas dan fresh.

Dalam pembuatannya, perhatikan pula cara mengiris tempenya. Kita pastikan ukuran tempe sama rata agar menghasilkan kerenyahan yang pas. Irisan tempe tidak terlalu tebal juga tak terlalu tipis. Dan, langkah berikutnya adalah memilih tepung yang berkualitas.

Untuk membuat masakan tempe kemul seperti aslinya, kita memerlukan bahan tepung terigu yang dipadu dengan ‘pati teles’ (baca: sejenis tapioka). Lalu, jangan lupa siapkan daun cay. Jika tidak punya, ganti saja dengan daun slederi atau onclang.

Sedangkan untuk bumbu adonannya, siapkan bumbu bawang putih, ketumbar, garam, dan kunyit yang sudah dihaluskan. Tambahkan pula pati teles dan air, lalu aduk hingga merata.

Sebelum digoreng di minyak panas, balurkan tempe terlebih dahulu dengan adonan yang sudah jadi. Nah, jika tempe kemul dirasa sudah matang, kita tiriskan. Taraaaattttt !!! Tempe kemul Wonosobo siap dihidangkan, lurrr!!

Stop! Jangan bikin tempe kemul sendiri di rumah. Tentu kurang asyik saat menyantapnya. Kalian wajib datang ke Wonosobo sekarang juga. Mari kita nikmati suguhan panorama yang indah, dengan ditambah gorengan tempe kemul panas serta kopi hitam. Ini baru mantab! Mau? (*)

Related Articles

Back to top button