fbpx
Kabar Daerah

Tekan Pengangguran, Bupati Purbalingga Bakal Luncurkan ‘Kartu Prakerja Purbalingga’

PURBALINGGA, energibangsa.id—Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi memastikan Kartu Prakerja Purbalingga yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) tidak overlapping dengan Kartu Prakerja yang diluncurkan Pemerintah Pusat. 

“Kartu Prakerja Purbalingga ini, dimaksudkan untuk mengakomodir teman-teman (pengangguran) yang belum masuk dalam Kartu Prakerja Nasional,” kata Bupati Dyah.

Kartu Prakerja Purbalingga rencananya bakal diluncurkan tahun 2021 ini.

Lakukan pendataan

Putri sulung mantan Bupati Purbalingga Trioyono Budi Sasongko ini menjelaskan, agar tak overlapping atau tumpang tindih dengan program Pemerintah Pusat, pihaknya akan melakukan lakukan pendataan. 

“Kami ingin membantu masyarakat yang kehilangan pekerjaan agar dapat mandiri karena paska Covid-19 ini, angka pengangguran di Kabupaten Purbalingga cukup banyak,” lanjutnya. 

Meski belum membeberkan secara teknis gambaran program ini, Bupati memastikan program ini akan berguna bagi pengangguran di Kabupaten Purbalingga. 

Menurutnya, mengenai teknis pelaksanaan program ini masih sedang dalam tahap penyusunan. Baru kemudian direalisasikan. 

“Untuk gambaran program ini nantinya tidak jauh berbeda dengan program Kartu Prakerja Nasional. Peserta nantinya akan diberikan pelatihan, permodalan, alat dan sampai pada pemasarannya,” ujarnya. 

Kartu Prakerja ini menjadi satu diantara terobosan yang akan dilakukan oleh Pemkab Purbalingga, untuk mengatasi dampak dari pandemi Covid-19.

“Tujuannya adalah untuk membantu pemulihan ekonomi, khususnya pasca Pandemi,” imbuhnya.

Jumlah pencari kerja capai 14 ribu

Diketahui, dari data yang ada di BPS Kabupaten Purbalingga jumlah pencari kerja di Purbalingga sampai saat ini mencapai 14.121 orang.

Hal ini salah satunya dipicu kondisi perekonomian yang semakin terpuruk dengan adanya pandemi. (*)

Related Articles

Back to top button