fbpx
Nasional

Targetkan BUMN Go Global 2021, Menteri BUMN Siapkan Rencana Ini

JAKARTA, energibangsa.id ꟷ Pada tahun 2021 mendatang, Kementerian BUMN telah membuat target yang ditujukan untuk perusahaan pelat merah agar dapat bersaing di kancah internasional (go global).

Awal mula terbentuknya target tersebut berawal dari serangkaian langkah penyehatan yang telah dilakukan, dimulai dari restrukturisasi, perombakan direksi dan komisaris, hingga membentuk holding di tahun 2020.

“Pak Menteri (Erick Thohir) mengatakan di tahun depan, kami akan mewujudkan bersama hal ini. Harapan ini tentu kami aminkan dan tentunya menjadi tantangan bagi semua direksi yang ada di BUMN,” ujar Susyanto.

Dalam virtual conference di acara Ngopi BUMN, Susyanto yang merupakan Sekretaris Kementerian BUMN tersebut mengatakan terdapat 3 tahap pengembangan yang akan dilakukan.

Pertama yaitu membentuk Indonesia Incorporated. Di tahap ini nantinya di bawah Indonesia Incorporated akan dibuat branding baru yang ditujukan untuk semua perusahaan pelat merah  di luar negeri.

Yang kedua yaitu membenahi pasokan rental (supply chaln) dan membuka peluang pasar di luar negeri.

Dan yang ketiga adalah setelah semua persiapan dirasa telah matang maka dapat memasuki pasar global yang diinginkan.

Diketahui saat ini Kementerian BUMN bersama dengan Kementerian Luar Negeri sedang mengkaji pasar potensial yang dapat dicoba, terutama pasar-pasar yang dianggap strategis.

Susyanto optimis hal ini dapat dicapai mengingat 17 BUMN telah memiliki kantor cabang di luar negeri. Setidaknya di 26 negara telah ada 83 kantor cabang BUMN.

Demi terwujudnya target, Susyanto juga mengatakan jika pihak BUMN harus berani untuk mengambil langkah melakukan investasi mengakuisisi perusahaan di luar negeri. Hal itu dilakukan guna meminimalisir importasi dna membantu mengukuhkan keberadaan BUMN disana.

[Tata/EB]

Related Articles

Back to top button