fbpx
Nasional

Tancap Gas! Menkes Budi Minta Ahli Pelajari Mutasi Virus Corona Baru

SEMARANG, energibangsa.id—Belum lama dilantik, Menteri Kesehatan yang baru, Budi Gunadi Sadikin langsung tancap gas. Ia telah memerintahkan para ahli untuk pelajari mutasi virus Covid-19, yang kabarnyaberasal dari Inggris dan Afrika Selatan.

“Kami minta para ahli Kemenkes mempelajari strain (mutasi virus baru) tersebut. Karena harus dilakukan kajian scientific,” kata Budi melalui konferensi video saat mengunjungi RSUP Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Jumat (25/12).

Perlu konfirmasi ahli

Budi juga meminta masyarakat tidak terburu-buru menyimpulkan kabar terkait mutasi virus corona. Menurutnya, kabar tersebut perlu dikonfirmasi kebenaran oleh para ahli.

“Hal-hal seperti ini teman-teman jangan terlalu terburu-buru kita menolak berita, atau menerima kebenaran berita. Ini hal teknis kedokteran, kita harus konsultasi ke para ahli,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan pihaknya telah membuat tim untuk mempelajari mutasi virus baru.

Dante juga meminta masyarakat untuk fokus pada berita-berita yang positif, ketimbang membesarkan perkara mutasi virus corona dari luar negeri.

“Komunikasi positif dengan tidak menakut-nakuti orang. Membuat orang itu lebih care terhadap 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan) jauh lebih penting daripada mengangkat isu-isu seperti itu,” tandasnya. (*)

Related Articles

Back to top button