fbpx
Gaya Hidup

Takut Toilet Umum yang Kotor? Ada Tips Aman Buat Kamu Saat Gunakan Toilet Umum

ENERGIBANGSA.ID – Saat kamu bepergian ke luar rumah, toilet umum akan sangat berguna. Terkadang panggilan alam untuk buang air kecil atau besar bisa datang kapan saja.

Apalagi, jika tempat yang kamu kunjungi jaraknya sangat jauh dari rumah, tentunya toilet umum amat sangat membantu.

Tapi, fasilitas umum tersebut kerap kali mudah kotor, lantaran digunakan oleh banyak orang. Karena itu, toilet umum berisiko menjadi sarana penyebaran kuman.

Untuk itu, ada tips-tips yang perlu kamu perhatikan saat menggunakan toilet umum. Kamu bisa mengikut sejumlah tips menggunakan toilet umum ini, seperti yang dilansir dari laman alodokter.

Hindari menyentuh benda

Tips pertama adalah hindari menyentuh langsung benda atau bagian dari toilet umum. Usahakan kamu tak menyentuh secara langsung permukaan gagang pintu, dudukan toilet hingga tempat sabun.

Kamu bisa menggunakan tisu atau sapu tangan untuk menghindari kontak langsung dengan benda-benda itu.

Letakan barang bawaan di gantungan pintu

Tips kedua letakan barang bawaan di gantungan pintu. Jangan kamu letakan barang bawaan di lantai toilet, karena lantai menjadi tempat yang paling kotor di toilet umum.

Bersihkan dudukan toilet

Tips ketiga yaitu bersihkan dudukan toilet sebelum kamu menggunakannya. Jika tidak yakin dengan kebersihannya, kamu bisa membersihkannya dengan cairan atau tisu.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cara sederhana, dengan meletakan lembaran tisu di atas dudukan toilet.

Hindari membilas kloset

Tips keempat hindari membilas kloset pada posisi duduk. Penyebaran kuman di dalam kloset dapat terjadi ketika kamu membilas kloset.

Untuk mencegah kuman masuk ke organ intim, hindari membilas kloset saat kamu masih duduk di atasnya.

Sebaiknya kamu bersihkan organ intim terlebih dahulu setelah buang air kecil, kemudan bilas kloset sebelum kamu keluar dari toilet.

Bawa peralatan toilet sendiri

Tips kelima bawalah peralatan toilet sendiri. Sebab, kerap kali toilet umum tak menyediakan tisu atau sabun cuci tangan.

Padahal, dua benda tersebut sangat penting guna mencegah penyebaran kuman dari toilet.

Untuk mengantisipasinya, bawalah selalu tisu, sabun cair dalam botol kecil hingga hand sanitizer. (Nicola/EB)

Related Articles

Back to top button