fbpx
Gaya HidupRagam Bangsa

Tak Perlu Utang Bank, Beginilah Cara Mempersiapkan Biaya Pernikahan

ENERGIBANGSA.ID – Pernikahan adalah momen sakral penyatuan dua insan manusia. Karena sifatnya yang eksklusif yaitu diharapkan hanya sekali seumur hidup, maka setiap pasangan pasti mempersiapkannya dengan sempurna.

Selain keadaan mental, kondisi finansial pun harus dipertimbangkan dengan matang sebelum menuju ke jenjang pernikahan.

Tak sedikit pasangan yang harus menunda pernikahannya hingga waktu tertentu untuk mempersiapkan pernikahannya. Namun ada pula yang sampai rela mengutang ke bank atau rekan-rekan untuk menyelenggarakan pesta pernikahan.

Sobat Energi, tidak ada yang salah dengan berutang. Namun alangkah lebih baik kita tidak melakukan hal itu agar setiap bulan tidak terbayang-bayang cicilan dan bisa honeymoon dengan tenang.

Lalu bagaimana caranya mempersiapkan biaya pernikahan tanpa berutang? Berikut beberapa tips dari Tim Energi Bangsa yang bisa kalian terapkan.

Investasi

Pada saat ini, ada banyak sekali pilihan investasi menjajikan yang bisa kita coba, diantaranya seperti reksa dana, deposito, dan trading saham.

Tak Perlu Utang Bank, Beginilah Cara Mempersiapkan Biaya Pernikahan
Trading adalah salah satu investasi yang patut dicoba (Foto: Monex)

Sebagai investasi jangka panjang, Sobat Energi dapat mengolah uang yang dimiliki agar dapat berkembang lebih banyak sehingga dapat menambah tabungan untuk anggaran pernikahan.

Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang peluang investasi mana yang paling menguntungkan sebelum mulai berinvestasi.

Lakukan Riset Pernikahan

Seperti kita ketahui, ada banyak sekali hal yang harus dipersiapkan sebelum pernikahan. Mulai dari gedung, baju, katering, undangan riasan, hingga printilan-printilan seperti suvenir dan dekorasi.

Agar pengeluaran tidak terlalu bocor, cobalah untuk melakukan riset dari satu vendor ke vendor lain. Temukan penyedia jasa pernikahan yang paling pas di kantong namun tetap memancarkan aura estetik untuk pernikahanmu. Jangan letih meriset!

Keluarkan juga jurus-jurus nego untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Terutama untuk katering makanan, pilihlah yang paling mengesankan di lidah, sebab dalam pernikahan biasanya hal ini sangat diingat oleh para tamu.

Persiapkan Seserahan Sejak Awal

Seserahan menjadi salah satu atribut penting sebelum pernikahan. Biasanya, seserahan berisi seperangkat kebutuhan mempelai wanita seperti baju, kosmetik, dan perlengakapan ibadah.

Tak Perlu Utang Bank, Beginilah Cara Mempersiapkan Biaya Pernikahan
Beberapa pernak-pernik seserahan (Foto: Seputar Pernikahan)

Mengingat jumlahnya yang tergolong banyak, biaya yang dikeluarkan untuk seserahan pun tidak sedikit. Apabila membeli seserahan dalam satu waktu, tentu akan terasa sangat menguras isi dompet.

Untuk menghindari hal itu, seserahan dapat dicicil pembeliannya sedikit demi sedikit ketika ada rezeki berlebih. Selain itu, dengan membeli pada jangka waktu yang agak lama, kalian dapat lebih selaw dalam memilih barang terutama yang sedang diskon.

Bisnis Sampingan

Daripada berutang, modal pernikahan dapat kalian dapatkan dari mencoba bisnis sampingan.

Bisa dimulai dengan menjadi dropshipper dengan berjualan online, menjadi makelar, atau kerja paruh waktu sebagai freelancer untuk Sobat Energi yang memiliki kemampuan tertentu seperti desain grafis atau menulis.

Tak Perlu Utang Bank, Beginilah Cara Mempersiapkan Biaya Pernikahan
Menjadi freelancer adalah salah satu cara menambah pundi-pundi tabungan (Foto: Trust Radius)

Pendapatan yang diperoleh dari bisnis sampingan ini pastinya dapat memberikan suntikan dana untuk membayar uang muka gedung pernikahan, ‘kan.

Itulah beberapa tips mempersiapkan pernikahan yang bisa Sobat Energi tiru. Semoga pesta pernikahan kalian berlangsung dengan semarak dan ayo minimalkan jumlah utang agar hidup lebih tenang.

Related Articles

Back to top button