pertamina
Tak Boleh Pakai Premium, Mesin Mobil Era Kini Tidak cocok dengan bahan Oktan 80 (Foto: OtoAsia)
advertorialNewsTech

Tak Boleh Pakai Premium, Kemenperin Wajibkan Mobil Murah Pakai Pertamax

0

ENERGIBANGSA.ID – Menteri Perindustrian, MS Hidayat, menginstruksikan kepada masyarakat pemilik mobil LCGC untuk wajib memakai bahan bakar minyak (BBM) non subsidi yaitu Pertamax dan Pertamax Plus.

“Sebagai mobil baru kalau pakai premium, dua tahun juga rusak,” ujar MS Hidayat sebagaimana dikutip Energi Bangsa dari laman resmi Kemenperin.

[Baca juga : Pertalite Vs Pertamax, Mana Yang Paling Unggul?]

Mobil Low Cost Green Car (LCGC) adalah jenis mobil yang digadang-gadang sebagai mobil murah dan ramah lingkungan. Diklaim sebagai mobil murah sebab mobil ini memiliki harga jual tidak lebih dari Rp150 juta.

Kehadiran mobil LCGC menjadi angin segar bagi masyarakat yang ingin memiliki mobil demi kebutuhan pribadi atau pun sekadar pemenuhan gengsi. Namun di sisi lain, semakin banyak masyarakat yang mampu membeli mobil ini maka semakin banyak pula dampak negatif yang mungkin dihasilkan.

Seorang model tengah berpose di samping mobil LCGC, Daihatsu Sigra (Foto: Viva)

Selain menambah kemacetan, jumlah polusi yang dihasilkan dari kendaraan ini pun semakin besar. Meski diklaim sebagai mobil ramah lingkungan, namun apabila jumlahnya terlalu banyak maka tetap saja banyak polusi yang dihasilkan.

Sehingga pada saat ini langkah yang tepat diambil adalah mewajibkan pemilik mobil untuk memberi “minum” Pertamax pada mobil LCGC mereka.

Dengan kandungan oktan sebesar 92, Pertamax adalah bahan bakar yang menghasilkan polusi paling sedikit dibandingkan dengan jenis bahan bakar lainnya.

[Baca juga: Pertamax Lebih Hemat Dibanding Pertalite dan Premium, Ini Buktinya]

Selain itu, penggunaan Pertamax juga akan membantu mengurangi jumlah konsumsi bahan bakar non subsidi oleh masyarakat setiap tahunnya. Untuk menyukseskan program ini, Pemerintah menggandeng Agen Pemegang Merek (APM) untuk mengikuti aturan ini apabila terlibat dalam proyek LCGC.

Hingga kini terdapat banyak jenis mobil LCGC yang beredar di pasaran. Beberapa diantaranya adalah Toyota Calya, New Daihatsu Sigra, New Toyota Agya, dan Daihatsu Ayla.

Sebagai warga negara yang taat, ikuti kebijakan Pemerintah yuk, Sobat Energi. Sebab setiap kebijakan yang ditetapkan pasti telah berdasarkan pertimbangan yang matang demi kemaslahatan masyarakat.

Mobil boleh murah, tapi BBM harus Pertamax!

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Pertamax Lebih Hemat Dibanding Pertalite dan Premium, Ini Buktinya

Previous article

Kualitas Udara Jakarta Memburuk, Karena Warga Ibukota Pakai Bensin Murah?

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in advertorial