Ekonomi & Bisnis

Syarat dan Biayanya Sewa Teras Alfamart Terbaru

ENERGIBANGSA.ID – Bagi kamu pemilik usaha yang berminat membuka cabang atau baru ingin memulai usaha di teras minimarket, tentu perlu mencari tahu berapa kisaran biaya yang harus dikeluarkan, bukan?

Sejumlah pertanyaan terkait hal ini juga kerap bermunculan di kalangan pembaca, termasuk tentang harga sewa teras Alfamart, khususnya bagi yang belum punya pengalaman sewa teras Alfamart.

Sebelum itu, kamu harus mengenal terlebih dahulu apa saja istilah yang digunakan pihak Alfamart kepada penyewanya, seperti yang telah dihimpun dalam website resminya.

1. Tenant Alfamart

Tenant Alfamart adalah istilah yang digunakan Alfamart untuk pelanggan yang menyewa ruang usaha secara bulanan di halaman parkir toko Alfamart.

Penyewaan lahan di depan toko Alfamart tersebut dilakukan sesuai dengan ketersediaan dan mengikuti syarat serta ketentuan sewa yang berlaku.

2. Syarat Sewa Teras Alfamart

Syarat utama bagi tenant Alfamart yang akan membuka usaha berupa makanan dan minuman adalah tidak makan di tempat dan tidak menjual produk (dalam kemasan) yang sama seperti yang dijual di dalam toko Alfamart.

Selain berupa makanan dan minuman, ruang usaha di halaman parkir juga dapat digunakan untuk pameran kecil seperti pameran kendaraan bermotor atau kegiatan promosi kecil lainnya.

Media yang dapat digunakan oleh tenant Alfamart beragam, mulai dari gerobak (kayu/stainless steel), meja booth, mini container, dan tenda mini perkavling ukuran ruang 2m x 1,5m (tampak muka 1,5m).

Dengan periode sewa ruang usaha secara bulanan ini diharapkan dapat mempermudah dan memberikan keleluasaan bagi usaha tenant Alfamart.

3. Harga Sewa Teras Alfamart

GM Corporate Communication Alfamart, Nurahman pernah menyampaikan penjelasan mengenai harga sewa teras Alfamart yang bisa dijadikan acuan untuk daftar tenant Alfamart.

Ia mengatakan, bagi calon pengusaha yang ingin membuka usahanya di teras Alfamart hanya perlu membayar biaya sewa rata-rata Rp 600.000 di luar Jabodetabek dan Rp 700.000 di wilayah Jabodetabek.

“Biaya sewa ini sesuai dengan daerah toko masing-masing rata-rata antara Rp 600.000 di luar Jabodetabek dan Rp 700.000 di Jabodetabek. Harga tersebut belum termasuk PPN 10 persen,” ujarnya menghimpun dari Kompas.com.

Dia menjelaskan, harga tersebut dibayarkan per bulan di awal periode sewa.

Ini juga penting diketahui bagi yang ingin punya pengalaman sewa teras Alfamart. “Ini termasuk listrik 200 watt. Sementara untuk air bisa didapat dari kamar mandi toko, untuk kebutuhan seperlunya,” ungkapnya.

“Setelah itu member tenant menunjukkan surat izin penempatan booth ke Pejabat Toko dan member tenant sudah bisa mulai berjualan,” ungkapnya.

Related Articles

Back to top button