sandal swallow khas indonesia
BudayaPojok Bangsa

Swallow, Sandal Asli Indonesia dengan Eksistensi yang Melegenda

0

ENERGIBANGSA.ID – Sandal jepit legendaris di Indonesia merek Swallow siapa yang tidak tahu, Sobat Energi pasti sangat familiar bahkan memiliki sandal dengan harga merakyat itu di rumah. Namun, tahukah bagaimana sejarah sandal Swallow yang masih eksis sampai sekarang?

Inilah cikal bakal lahirnya sandal Swallow yang apabila melihat wujudnya sudah pasti menunjukkan jika itu sandal asli Indonesia.

Asal-usul Swallow sendiri sebenarnya merupakan sebuah merek yang diproduksi oleh PT. Sinar Jaya Prakarsa yang berlokasi di Jalan Kamal Raya No 1 (Tegal Alur), Cengkareng. Sandal Swallow sendiri juga memiliki tagline lho.. “Swallow : Lambang Sandal Bermutu”

Dimuat oleh tribunnews.com, perusahaan ini didirikan pemilik sekaligus komisarisnya yaitu Amir Djohan sejak tahun 1982 dan masih memproduksi sandal Swallow hingga saat ini.

Perjalanan sandal Swallow yang sudah 37 tahun ini terus bertransformasi berawal jadi jenis model sandal polos hanya diperbanyak variasi warnanya, sandal Swallow hingga saat ini sudah memiliki banyak jenis model yang menyesuaikan minat pasar.

Mengimbangi perkembangan zaman, model sandal yang diproduksi saat ini dibuat lebih beragam dan cerah. Jika dibandingkan dengan yang Swallow lama, saat ini pada bagian telapaknya desain semula polos kini sudah banyak dengan corak gambar atau tulisan warna.

Sandal swallow di awal kemunculannya cukup murah, cuma dibandrol Rp 1.500. Murah sekali. Namun seiring naiknya biaya bahan baku produksi, maka harga jual mulai naik perlahan. Saat ini ada dikisaran Rp 13.000 sesuai dengan ukurannya.

Desain sandal yang sederhana yang biasanya bisa kita temui dipakai orang-orang ke pasar, masjid ataupun ke warung, memang awalnya Swallow hadir dengan harga ekonomis agar bisa dijangkau oleh semua kalangan masyarakat pada masa itu.

Sobat Energi yang berkelahiran tahun 1980-an mengikuti transformasi sandal Swallow dari masa ke masa. Eksistensi sandal karet sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia turun-temurun. Swallow juga hanya salah satunya merek dari banyaknya sandal yang terkenal pada waktu itu.

Sandal Swallow yang mampu bertahan menjadi idola masyarakat hingga saat ini bersaing ketat dengan peralihan fashion yang berulang kali berubah kian modern. Persaingan bisnis makin ketat, nyatanya Swallow masih melekat di hati masyarakat. Produsenpun juga tidak bergeming untuk mengubah logo, model serta nama sandal legendaris tersebut tetap pada optimismenya sandal kegemaran semua kalangan ini eksis sepanjang masa.

Inilah sejarah perjalanan sandal Swallow dari masa ke masa, bagaimana dengan Sobat Energi seberapa lengkap koleksi sandal Swallow kalian di rumah?

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Masabuk, Masker Anti Mabuk Inovasi Karya Siswi Berprestasi Asal Semarang

Previous article

Hikmah yang Bisa Diambil dari Kasus ‘Kartu Surga’ Aliran Tarekat Khalwatiyah yang Sempat Booming

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Budaya