Gaya Hidup

Susah Atur Waktu? Begini Cara Seimbangkan Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Bagi Anda yang seorang pekerja, untuk mengatur dan tetap menjaga  keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi bukanlah perkara yang mudah.

Pada saat Anda lebih memprioritaskan pekerjaan untuk mencapai kestabilan ekonomi, tidak menutupi kemungkinan jika Anda akan berhasil mendapatkannya. Namun karena prioritas tersebut waktu yang Anda miliki tentu akan habis digunakan untuk bekerja.

Untuk mengantisipasi Anda agar tidak menyesal karena tidak memiliki waktu untuk diri sendiri, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

1. Fokus pada kelebihan Anda

Usahakan untuk tidak melakukan pekerjaan yang bidangnya tidak Anda kuasai. Melakukan pekerjaan yang jauh dari kapasitas Anda akan membuat Anda menjadi lebih banyak menghabiskan waktu untuk menyelesaikan satu pekerjaan. Mungkin ini berbeda jika Anda masih dalam tahap belajar.

Namun, jika ini sudah berlangsung bertahun-tahun, pikirkan pekerjaan lain yang lebih mudah untuk dilakukan dalam waktu yang efektif dan efisien.

2. Prioritaskan Waktu

Anda mungkin memiliki daftar pekerjaan dengan 50 aktivitas di dalamnya, itulah sebabnya sangat penting untuk mengurutkan tugas-tugas tersebut berdasarkan prioritas dan urgensinya. Pada dasarnya, ada empat kategori yang bisa Anda masukkan dalam prioritas pekerjaan, yaitu:

– Mendesak dan penting

– Penting tapi tidak mendesak

– Mendesak tapi tidak penting

– Tidak mendesak atau penting.

3. Ketahui Kelebihan dan Kekurangan

Apakah Anda adalah orang yang suka bangun pagi? Jika ya, tetapkan tugas berat dan konsentrasi tinggi di pagi hari. Jangan tinggalkan tugas berat sampai malam hari dan sebaliknya.

4. Rencanakan Me Time

Ingatlah bahwa waktu untuk diri Anda sendiri adalah kebutuhan yang harus dipenuhi. Rencanakan me time dengan sebaik-baiknya sebagaimana kamu harus memenuhi deadline pekerjaan. Waktu me time ini juga termasuk waktu untuk keluarga, teman, dan pasangan.

5. Tetapkan Jam Kerja dan Patuhi

Tetapkan jam kerja untuk diri sendiri dan lakukan segala daya untuk mematuhinya. Jika tidak, tanpa disadari Anda akan bekerja hingga tengah malam setiap harinya. Sebagian orang tidak menyadari jika dirinya sendirilah yang menyebabkan ia tidak pernah bisa menikmati waktu untuk dirinya sendiri dan keluarga.

Jadi, berkomitmen dan disiplinlah terhadap diri sendiri.

[Tata/EB].

Related Articles

Back to top button