Kabar IndonesiaNasional

Survei Indo Margin: Tino Saingi Mirna Jelang Pilkada Kendal

0

ENERGIBANGSA.ID (Kendal) – Lembaga Survei Indo Margin belum lama ini merilis hasil survei dalam menyoroti dinamika sosial dan politik masyarakat Kendal dalam menghadapi Pilkada serentak 2020. Hasil survei itu disampaikan dalam konferensi pers di Cafe Pangestu Kaliwungu, Kendal, Jumat (3/7/2020) kemarin.

Lembaga survei Indo Margin saat konferensi pers di Cafe Pangestu Kaliwungu Kendal, Jumat (3/7). Dok: energibangsa

“Survei yang dilaksanakan pada 27-29 Juni 2020 lalu menggunakan metode Multistage Random Sampling dengan margin 3,7 persen. Adapun pengambilan sampel dilakukan berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 482 responden dari jumlah populasi 778.630 pemilih yang berusia 17 tahun atau lebih”, jelas Susanto, Direktur Indo Margin.

Dalam survei yang dilakukan timnya, terdapat poin pertanyaan yang diajukan yakni “jika pemilihan Bupati Kendal dilaksanakan pada hari ini, calon siapa yang akan saudara pilih? ” Hasil survei memberikan gambaran terhadap nama-nama yang muncul sebagai bakal calon bupati.

“Secara berurutan, saya sampaikan hasil perolehannya. Pertama, dr. Mirna Annisa sebanyak 27,9 persen, kedua, H.Tino Indra Wardoyo 22,2 persen, ketiga, Falah Widya Yoga sebesar11,9 persen, dan keempat, H.Windu Suko Basuki dengan perolehan 8,1 persen”, imbuhnya.

Selain nama-nama di atas, nama lain yang muncul dalam survei sebagaimana disebutkan Susanto meliputi H.Ali Nurudin sebesar 6,7 persen, H.Prapto Utono 1,0 persen, serta Dico M Ganinduto 0,2 persen.

“Dari hasil survei juga, responden yang belum menentukan pilihan jumlahnya masih besar yakni 19,5 persen. Lalu, responden yang merahasiakan pilihannya sebesar 1,9 persen. Responden yang akan menentukan pilihannya pada calon dari PDI Perjuangan sebanyak 0,6 persen,” paparnya.

Indo Margin juga mengkonfirmasi ulang terhadap pernyataan calon bupati yang akan dipilih dengan pertanyaan “apakah saudara akan mengubah pilihan calon bupati jika Pilbub dilaksanakan hari ini?” Jawaban responden sebesar 24,8 persen sudah yakin dengan pilihannya serta tidak akan mengubahnya. Lalu, 48,3 persen diantaranya masih belum yakin dan akan mengubah pilihannya.

Saat dikonfirmasi energibangsa seusai acara, Susanto menyebut angka 48,3 persen dinilainya cukup tinggi. Angka ini dapat berubah dengan cepat. Bisa saja, nama H.Tino Indra Wardoyo yang saat survei diurutan kedua sebesar 22,2 persen bisa menyaingi dr. Mirna yang saat ini meraih 27,9 persen.

“Apalagi, perolehan H.Tino Indra berada diurutan kedua, sangat berpotensi saingi perolehan dr. Mirna. Selisihnya pun 5,7 persen”, paparnya.

“Nah, ini tergantung H.Tino Indra nanti. Bagaimana merespon hasil survei, dan partai apa yang akan mengusungnya. Kita lihat hasilnya, setelah survei berikutnya. Kita berencana akan terjun (survei) kembali” pungkasnya. (dd/EB).

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Viral ! Walikota Pinjamkan Mobil Dinas Buat Nikahan Warga Semarang

Previous article

Satukan Energi untuk Indonesia di Era New Normal

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.