Inspirasi BangsaKabar DaerahKabar Indonesia

Super Hero Serbu Tiga Pasar di Surabaya, Ternyata Begini Ceritanya..

Energibangsa.id (SEMARANG)—Para pengunjung dan pedagang di tiga pasar tradisional di Surabaya yakni Pasar Sepanjang, Pasar Tembok dan Pasar PPI dibuat kaget  pada kamis pagi (28/8). Pasalnya sejumlah super hero yang digawangi iron man secara tiba-tiba mendatangi dan menyerbu  pasar-pasar tersebut.

Penyerbuan ini bukanlah salah satu bagian dari pangambilan adegan dalam lanjutkan sekuel terbaru film Avengers. Atau misi perdamaian dan membasmi kejahatan sebagaimana tugas yang diemban oleh para pahlawan

Kedatangan para super hero ke tiga pasar tradisional tersebut merupakan sebuah aksi kemanusian berupa kegiatan sosial dengan bagi-bagi masker kepada para pengunjung dan pedagang di tiga pasar tradisional tersebut. Aksi itu dilakukan sebagai wujud kepedulian mereka kepada kondisi lingkungan yang terjadi saat ini .

covid 19

Adalah para personel Satuan Brimob Polisi Daerag Jawa Timur (Satbrimob Polda Jatim) yang pertama kali menginisiasi aksi ini dan berada dibalik kostum dari para super hero itu. Beberapa personel yang turut serta juga ada yang mengenakan pakaian tradisional saat aksi tersebut digelar. Hal ini sengaja dilakukan personel Satbrimob Polda Jatim untuk menarik simpati dan mendekatkan diri dengan masyarakat.

“Kegiatan ini dengan membagikan masker di pasar-pasar yang ada di Surabaya dan Sidoarjo seperti Pasar Sepanjang, Pasar Tembok dan Pasar PPI,” tutur Komandan Besar (Kombes) Pol. I ketut Gede Wijatmika selaku Komandan Satuan Brimob Polda Jatim (Dansatbrimob Polda Jatim) di sela-sela membagikan masker.

Ketut menambahkan pihaknya membagikan 3.000 masker pada para pengunjung dan pedagang pasar pada hari ini (kamis (20/8) – red). Selain itu mereka juga memberikan pemahaman soal pentingnya menggunakan masker di tengah wabah COVID-19 dan pentingnya menerapkan prokocol kesehatan.

cVirus COrona

Pembagian masker kepada para pengunjung dan pedagang di tiga pasar tradisonal ini dilakukan untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran COVID-19 di kawasan pasar tradisional.

Dalam pelaksanaan kagiatan tersebut, personel Satbrimob Polda Jatim dibagi menjadi beberapa regu. Pembagian masker di Pasar Sepanjang dilaksanakan oleh personel Kompi 4A Pelopor Satbrimob Polda Jatim. Di Pasar PPI dilakukan oleh Detasemen Gegana Satbrimob Polda Jatim. Sedangkan di Pasar Tembok Kompi 2A Pelopor Satbrimob Polda Jatim.

Kegiatan sosial bagi-bagi masker ini bukanlah kali pertama digelar oleh Satbrimob Polda Jatim. Sebelumnya mereka juga sering melakukan hal serupa dengan melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa wilayah yang terdampak COVID 19 di Jatim.

Seperti yang kita ketahui sudah sekitar 5 bulan Coronavirus disease 19 (COVID-19) menyerang Indonesia dan seluruh dunia. Sudah banyak korban yang berjatuhan akibat virus yang diperkirakan berawal dari Kota Wuhan China tersebut.

Di Indonesia sendiri, lebih dari 200 kota/ kabupaten dan 30 provinsi turut terdampak termasuk Surabaya. Dan salah satu tempat penyebaraan yang banyak terjadi berasal dari Pasar Tradisional. Hal ini dikarenakan pasar merupakan tempat kerumunan yang dapat menyebarkan virus ini dengan mudah.

Ketut pun berharap kegiatan yang dilakukan nya bersama personel Satbrimob Polda Jatim bisa bermanfaat memberikan pemahaman sehingga dapat melindungi masyarakat. Ia pun berdoa semoga pandemi COVID-19 ini segera berakhir dan semua kembali seperti sedia kala lagi.

Related Articles

Back to top button