fbpx
Daerah

Sukirman-Iriyanto Melenggang, Gerindra Pepet PKS di Pilkada Sragen

ENERGIBANGSA.ID (Sragen) — Sehari menjelang tahap pendaftaran Pilkada Sragen, Partai Gerindra memberikan rekomendasi dukungannya kepada pasangan Sukiman-Iriyanto.

Kini, peluang pasangan petahana Kusdinar Untung Yuni Sukowati-Suroto mendapatkan lawan kembali terbuka.

“Partai Gerindra menyerahkan rekomendasi kepada pasangan Sukiman-Iriyanto. Dalam kesempatan ini juga kami serahkan lembar B1-KWK,” ujar Sriyanto Saputro, Sekertaris DPD Partai Gerindra Jawa Tengah pada wartawan usai konsolidasi dan penyerahan rekomendasi di kantor DPC Gerindra Sragen, Kamis (3/9).

Menurut Sriyanto, melansir detik.com, rekomendasi Partai Gerindra perlu segera ditindaklanjuti dengan berkoalisi bersama partai lain.

Baca Juga : Ambyarr! Gerindra-Nasdem Tinggalkan Mirna dalam Pilbup Kendal 2020

Sebab, Partai Gerindra Sragen hanya memiliki 5 kursi di DPRD. Sedangkan opsi satu-satunya berdasarkan pantauan tim energibangsa.id, ada pada Partai Keadilan Sosial (PKS) yang memiliki 6 kursi.

“Kita hanya 5 kursi, masih kurang untuk memenuhi syarat 20 persen suara di dewan. Di sisa waktu ini kami berharap Sukiman-iriyanto berjuang meyakinkan PKS karena ini urusan nama baik, agar koalisi bisa terjalin,” ujar Sriyanto.

Sriyanto optimis langkah berkoalisi bersama PKS akan terwujud dalam waktu dekat. Pasalnya, pada Pilkada Sragen 2015, kedua partai memang telah bekerjasama dan memenangkannya.

“Optimis PKS akan bersama kita. Saya yakin PKS juga melakukan survei dan mengetahui betapa besarnya arus yang menginginkan perubahan. Komunikasi juga sudah berjalan baik di tingkat daerah hingga pusat,” kata Sriyanto.

Sukiman dan Iriyanto sama-sama berlatar belakang anak buruh tani yang lahir di Sragen.

Sukiman sendiri kini telah sukses merintis usaha di bidang perkebunan teh yang membawahi ribuan karyawan, sementara Iriyanto bergerak di usaha properti.

“Mereka berdua adalah gambaran anak buruh tani yang gigih berjuang. Pak Sukiman sukses di Bandung dan Pak Iriyanto di Bali. Kini keduanya ingin kembali ke kampung halamannya untuk membangun Sragen,” jelasnya.

Sementara itu,  Sukiman, menargetkan PKS akan menurunkan rekomendasi selambat-lambatnya 24 jam ke depan. Pihaknya mengaku sudah menjalin komunikasi dengan PKS dan mendapat jaminan rekomendasi.

“Sebenarny PKS sudah pasti, sepanjang hari ini saya menyerahkan rekomendasi dari Gerindra. InsyaAllah dalam waktu 24 jam PKS akan keluar rekomnya,” ujar Sukiman.

Dia menyebut jaminan rekomendasi tersebut merupakan hasil komunikasi yang dilakukan Sukiman dengan DPP PKS.

Baca Juga : Selamat! Dua Kader Gerindra Dapat Penghargaan Presiden

Bukti rekomendasi dari Partai Gerindra akan langsung diserahkan kepada DPD PKS Sragen mengingat waktu semakin sedikit.

“Kita sudah ditunggu, habis ini kita langgsung ke DPD PKS untuk menyerahkan rekom, dan akan langsung di-fprward ke DPP,” pungkasnya.(Annisaa/EB)

Related Articles

Back to top button