Komputer

Stop Produksi: “Terimakasih Laptop Toshiba”

ENERGIBNGSA.ID (Jakarta) – Pasca 30 tahun lebih menjadi salah satu pemain utama lini bisnis laptop, Toshiba resmi menutup bisnisnya akibat tak mampu bersaing dengan merek-merek lain.

Foto Laptop Merk Toshiba

Toshiba memimpin pasar laptop sepanjang 1990-an dan sebagian besar pada 2000-an sebagai vendor teratas. Namun beberapa tahun ke belakang perusahaan seperti Lenovo, Apple, HP, dan Dell mulai membuat laptop yang lebih baik, dan bisnis laptop Toshiba melemah.

Dilansir dari CNN Indonesia, Toshiba sudah perlahan mundur dari bisnis laptop beberapa tahun belakangan. Namun pernyataan baru yang dirilis, memastikan Toshiba tak lagi memproduksi laptop.

Informasi ini pertama kali diketahui dari pengumuman terkait perpindah saham bisnis laptop merek kepada Sharp. Toshiba memindahkan kepemilikan saham sebesar 19,9 persen kepada Sharp.

Dalam pernyataannya, Toshiba mengatakan bahwa Sharp telah menggunakan haknya untuk membeli sisa saham Dynabook yang dipegang oleh Toshiba pada akhir Juni. Proses pengalihan saham juga telah usai dan dengan resmi Toshiba menutup bisnis laptop.

“Sebagai hasil dari pengalihan ini, Dynabook telah menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Sharp,” kata Toshiba seperti yang dilansir dari Gizmodo.

Di tahun 2018, Sharp telah membeli 80,1 persen saham di bisnis laptop Toshiba dan mengubah nama usaha laptop itu menjadi Dynabook.

Pelopor laptop

Toshiba T1100 yang diluncurkan pada 1985 dianggap sebagai komputer laptop utama pertama. Laptop tersebut memberikan desain dasar bagi rancangan laptop-laptop selanjutnya sebelum kehadiran PowerBook Apple di tahun 1991.

T1100 memiliki memori 256 KB, layar LCD reflektif 640×200 piksel yang mampu menampilkan 25 baris 80 karakter, floppy disk 3,5 inci (8,9 cm) yang mendukung disk 640KB dan 720KB.

Dalam hal ukuran, T1100 berukuran sekitar 31,1 cm x 6,6 cm x 12 inci (30,5 cm) dan berat 4,1 kilogram. Pada saat itu, harganya US$1.999 atau sekitar Rp29,3 juta. (Sasa/EB).

Related Articles

Back to top button