The NextDev 2018 Talent Scouting Semarang Tumbasin. (foto : Merdeka.com)
Tech

StartUp Digital Asal Semarang Ini Bantu Belanja Harian Jadi Lebih Mudah

1

ENERGIBANGSA.ID – Sejurus dengan maraknya e-commerce, membuat pilihan cara belanja melalui internet kini makin beragam. StartUp Digital asal Semarang, Jawa Tengah mengembangkan sebuah aplikasi yang memfasilitasi transaksi pedagang pasar tradisional dengan para pembeli. Pembeli tidak perlu repot ke pasar rasional secara langsung untuk berbelanja.

Masyarakat bisa memesan barang yang dikehendaki melalui aplikasi Tumbas.in. Untuk diketahui, “tumbas” adalah istilah dalam bahasa Jawa yang artinya beli atau membeli. Aplikasi Tumbas.in dibuat untuk memfasilitasi para pembeli yang tidak sempat berbelanja di pasar tradisional.

Tumbas.In memastikan barang yang dibeli dari pasar berkualitas, dan disortir terlebih dahulu. Kreator Tumbas.in, Bayu Mahendra Saubig menjelaskan, ide awal pembuatan aplikasi karena melihat banyaknya para pedagang pasar tradisional yang masih kesulitan memasarkan produknya.

Dia bersama tiga temannya kemudian mendesain aplikasi itu. “Kita ingin memfasilitasi mereka yang bekerja, yang tidak sempat ke pasar. Kami beri solusi dengan aplikasi ini, jadi tinggal pesan nanti produk pesananan langsung diantarkan,” kata Bayu sebagaimana diulas tekno.kompas.com, pada Sabtu (7/10/2017).

Bayu menjelaskan, Tumbas.in membantu menyediakan kebutuhan belanja dengan produk yang segar. Ketika pesan melalui aplikasi, maksimal dalam dua jam pesanan diantarkan. Beragam produk ditawarkan dalam aplikasi itu seperti bahan pokok, sembako, sayuran, atau kebutuhan lain yang dibutuhkan sehari-hari.

“Harganya sesuai dengan harga yang di pasar. Maksimal diantar itu satu jam sudah sampai,” katanya. Pihaknya pun berkomitmen ingin membatu para pedagang pasar, agar nilai jual produknya meningkat.

Sejumlah pedagang pasar tradisional di kota Semarang dijajaki. Sejauh ini baru dua pasar yang menjadi rujukan belanja di pasar yaitu, Pasar Karangayu, dan Pasar Peterongan.

Aplikasi ini baru tersedia bagi pengguna Android, dapat diunduh di Google Play Store. Ke depannya, Tumbas.in dijanjikan akan dirilis di ekosistem iOS. “Saat ini sudah banyak. Yang download sudah 3.700, akun aktif 1.000, transaksi satu minggu 100 transaksi. Padahal ini dimulai pada April 2017,” pungkasnya.

Semoga dengan bantuan teknologi, perputaran ekonomi rakyat juga semakin meningkat. (red)

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Tumbas.in

7.7

For
  • Simple to set up and fly
  • Complete system in a backpack
Against
  • Low transmission range
  • No obstacle detection or indoor modes

Melihat Isi HP Orang Lain Tanpa Izin Merupakan Pelanggaran Hukum

Previous article

Mahasiswa Indonesia Juara Dunia Teknologi Mobil Berbahan Bakar Sampah Plastik

Next article

You may also like

1 Comment

  1. ZFN Liker, Autolike International, Autoliker, autolike, Working Auto Liker, Status Liker, Autolike, Photo Liker, Auto Liker, autoliker, Status Auto Liker, auto liker, Photo Auto Liker, Increase Likes, auto like, Auto Like, Autoliker

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Tech