fbpx
Nasional

Sri Mulyani: Ada 5 Pertimbangan Saya Masih Mengkaji Tarif Cukai Rokok 2021

JAKARTA, energibangsa.id ꟷ Kondisi perekonomian yang tidak dapat berjalan seperti biasanya akibat adanya pandemi Covid-19 membuat banyak pihak yang meminta pemerintah untuk tidak menaikkan tarif cukai rokok atau cuka hasil tembakau (CHT) 2021.

Selain itu, apabila cukai rokok mengalami kenaikan juga akan menimbulkan dampak yang akan dialami oleh tenaga kerja.

Menanggapi hal tersebut, Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan mengatakan meski keputusan kebijakan tarif cukai rokok biasa diputuskan pada bulan September, namun kali ini pihaknya belum memutuskan kebijakan baru.

Alasan dari pihak pemerintah yang belum memutuskan kebijakan tarif cukai rokok karena pihak pemerintah masih mengkaji secara penuh pada lima aspek yang menjadi pertimbangan.

“Kalau cukai saya sudah sampaikan kita akan terus memformulasikan kebijakan berdasarkan 5 area yang terus kita pertimbangkan,” ujar Sri Mulyani

Dalam video conference APBN KiTa edisi November, hari Senin (23/11), Sri Mulyani mengungkapkan kelima aspek tersebut yakni prevalensi merokok pada anak-anak, wanita dan kesehatan, tenaga kerja, petani, rokok ilegal, dan mengenai penerimaan negara.

Setelah merumuskan lima aspek dalam satu kebijakan rampung, Sri Mulyani mengatakan akan segera mengumumkan kebijakan tarif cukai rokok untuk tahun 2021.

“Kita masih akan terus melakukan formulasi ini dan akan disampaikan kalau sudah difinalkan keseluruhan aspek yang kita lihat terutama di tengah situasi Covid-19,” ungkapnya.

Related Articles

Back to top button